Dear Hijabers, Tak Sulit Kok Jaga Rambut Tetap Sehat, Sejuk dan Wangi Seharian

Zaki Baldan29 Mei 2019, 18:55 WIB
Dear Hijabers, Tak Sulit Kok Jaga Rambut Tetap Sehat, Sejuk dan Wangi Seharian

Fimela.com, Jakarta Mengenakan hijab bukan berarti melupakan perawatan rambut. Justru, perempuan berhijab perlu merawat rambutnya secara rutin. Pasalnya, mengenakan hijab seharian kerap membuat rambut gatal, mudah berketombe, rentan rontok, dan lepek. Dilansir dari Fimela.com (15/11/2018), hal tersebut disebabkan kelembapan kulit kepala yang tertutup. Selain itu, rambut yang sering tertutup juga sering kali mengeluarkan bau tak sedap karena kurangnya sirkulasi udara.

Lalu, bagaimana caranya menjaga rambut tetap sehat, sejuk, lembut, anti-ketombe dan harum meski memakai hijab seharian? Coba simak tipsnya di bawah ini, yuk Sahabat Fimela!

Pilih Sampo yang Cocok

Berbicara soal perawatan rambut, memilih sampo yang cocok tentu menjadi hal utama. Pilih sampo yang membuatmu nyaman, merasa sejuk, dan rambutmu tercium harum. Selain itu, kamu juga bisa memilih sampo yang sudah diformulasikan khusus untuk perempuan berhijab, seperti Rejoice Hijab Perfection Series.

Dear Hijabers, Tak Sulit Kok Jaga Rambut Tetap Sehat, Sejuk dan Wangi Seharian
(c) rejoice

Sampo terbaru dari Rejoice ini terdiri dari dua varian, yaitu 3-in-1 Perfect Cool dan 3-in-1 Perfect Perfume. Keduanya mampu memberikan efek sejuk, lembut, anti-ketombe, serta diperkaya dengan esens kasturi demi keharuman yang lebih tahan lama. Untuk melengkapi seri ini, Rejoice juga menghadirkan kondisioner 3-in-1 Perfect Conditioning.

Rejoice dengan Hijab Perfection Series-nya kerap ingin menjadi bagian dari perjalanan hijrah para muslimah Indonesia, seiring dengan semangat #SesejukHijrahmu.

"Menggunakan hijab juga menjadi momen yang mengawali komitmen untuk sebuah perjalanan hijrah ke arah yang lebih baik. Kisah dan semangat berhijrah hijabers Indonesia menginspirasi Rejoice untuk merayakan momen ini melalui peluncuran semangat #SesejukHijrahmu, bersamaan dengan varian khusus Rejoice Hijab Perfection Series dengan formula yang disempurnakan demi memenuhi kebutuhan hijabers untuk melalui perjalanan hijrah," ujar Senior Communications Manager P&G Indonesia, Ovidia Nomia, seperti dikutip dari Liputan6.com (16/5/2019).

Manfaat dari sampo Rejoice Hijab Perfection Series sendiri sudah dirasakan oleh Chacha Frederica selaku Brand Ambassador Rejoice Hijab Perfection Series. Ia menyukai aroma dari sampo Rejoice Hijab Perfection Series yang tidak menyengat dan menyebar ke mana-mana. Namun, wanginya awet dan tetap tercium setelah buka kerudung.

"Jadi enggak benar kalau katanya hijab itu bikin rambut apek. Selain itu, formula Rejoice Hijab Perfection Series juga bikin rambut sejuk. Kalau rambut sejuk, dari sahur hingga buka puasa pasti akan terasa nyaman karena rasanya akan fresh terus," ucapnya.

Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Setelah keramas, jangan langsung memakai hijab. Biarkan rambut kering secara alami terlebih dahulu atau gunakan hair dryer dengan suhu rendah. Hal ini untuk menghindari rambut bau apek dan kulit kepala berketombe karena tertutup dalam keadaan lembap.

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Hindari mengikat rambut terlalu kencang karena dapat menyebabkan rambut patah dan rontok. Lebih baik, gunakan karet rambut dari bahan yang tidak keras dan tidak terlalu menarik rambut. Setelah memakai hijab, sebaiknya rambut juga diurai terlebih dahulu biar ada kesempatan untuk 'bernapas'.

Pilih Bahan Hijab yang Nyaman

Bahan hijab juga turut mempengaruhi kesehatan rambut, lho. Pilih bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun untuk dipakai sehari-hari. Katun juga mempunyai pori-pori yang dapat memperlancar sirkulasi udara. Selain itu, usahakan untuk mengganti kerudung setiap hari, apalagi kalau aktivitasmu di luar ruangan cukup banyak.

Penuhi Asupan Air

Jangan lupa untuk mencukupi asupan air dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari. Tubuh dan rambut yang terhidrasi dengan baik akan terhindar dari kerontokan dan ketombe. Lengkapi kebutuhan air dengan konsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan yang dapat menyehatkan rambut.

Tak begitu sulit kan, menerapkan beberapa tips tersebut? Makanya, jangan tunda untuk mulai menerapkannya secara rutin, dengan begitu rambut yang sehat, sejuk sekaligus wangi bisa kamu dapatkan sekalipun berhijab seharian. Kamu pun bisa menjalankan beragam aktivitas lebih nyaman dan optimal. Selamat mencoba, ya!