Cara Menggunakan Vitamin C dengan Maksimal dalam Perawatan Kulit

Vinsensia Dianawanti18 Jun 2019, 06:00 WIB
Serum vitamin C

ringkasan

  • Vitamin C tidak hanya berguna bagi kekebalan tubuh, namun juga melindungi kulit dari faktor lingkungan yang buruk
  • Lebih baik gunakan satu produk vitamin C yang bagus daripada menggunakan lima produk dengan kualitas yang biasa
  • Jangan padukan vitamin C dengan retinol
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Vitamin C banyak digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit karena memiliki kandungan antioksidan untuk mengatasi tanda penuaan. Di sisi lain, vitamin C juga menjadi bumerang bagi penggunanya dan dapat menyebabkan iritasi.

Secara internal, vitamin C memperbaiki kerusakan jaringan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk pemakaian luar, vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam L-askorbat tidak hanya meningkatkan kolagen, namun juga nutrisi alami yang bertanggung jawab untuk elastisitas kulit. Selain itu, membantu kulit melawan paparan sinar UV dan faktor lingkungan yang buruk.

Ketika hendak menggunakan vitamin C dalam perawatan kulit, sebaiknya memahami fungsi dan penggunaan vitamin C agar bekerja lebih maksimal, melansir dari Purewow pada Senin (10/5/2019).

1. Perhatikan jumlah kandungan vitamin C

Pemakaian secara ideal, dapat digunakan dengan memperhatikan kandungan asam L-askorbat di dalam produk perawatan kulit. Biasanya berkisar 10 persen. Dengan formula ini, produk akan menyerap kulit lebih baik dan mulai bekerja. Cukup gunakan beberapa tetes saja. Kelebihan produk hanya membuat vitamin C tidak bekerja secara maksimal.

 

Cara agar vitamin C bekerja efektif

vitamin
ilustrasi vitamin/copyright Pixabay

2. Jangan digunakan berlebihan

Penggunaan produk perawatan kulit vitamin C harus diatur sebagai investasi. Karena harganya bisa begitu mahal, serum vitamin C biasanya akan habis dalam empat hingga enam bulan. Jangan kurang dari waktu tersebut.

Selain itu, lebih baik gunakan satu produk vitamin C yang benar-benar bagus, daripada menggunakan lima produk dengan kualitas biasa saja. Temukan produk yang benar-benar berfungsi di kulit dan jangan beri lapisan lain di atasnya.

3. Mengelupas

Berguna atau tidaknya produk vitamin C bisa dilihat dari kulit yang mulai mengelupas. Lapisan yang terkelupas merupakan lapisan kulit terluar yang memiliki banyak sel kulit mati.

Siklus hidup sel kulit berada pada antara tiga hingga empat minggu. Setelah itu sel kulit mati akan menumpuk dan perlu dilakukan eksfoliasi. Sehingga produk vitamin C bisa kembali terserap dengan baik.

 

Cara agar vitamin C bekerja efektif

Vitamin rambut
Ilustrasi vitamin rambut/copyright shutterstock

4. Gabungkan dengan vitamin E

Cara lain untuk memastikan potensi produk vitamin C adalah memasangkannya dengan vitamin E. Penelitian Oregon State mencatat bahwa kedua produk ini bisa bekerja sama dan jauh lebih efektif untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Namun jika kamu pemilik kulit yang sangat berminyak, jangan gunakan vitamin E.

5. Jangan digabungkan dengan retinol

Jika kamu menggunakan retinol di malam hari, jangan gunakan lagi vitamin C. Tidak dianjurkan untuk digunakan secara bersamaan, terutama di malam hari. Lebih baik gunakan vitamin C untuk siang hari dan retinol untuk malam hari.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓