Cara Terbaik untuk Lindungi Kulit Saat Berolahraga di Gym

fitriandiani12 Jun 2019, 17:00 WIB
olahraga

Fimela.com, Jakarta Tak diragukan lagi, olahraga baik untuk kesehatan tubuh dan mental. Tapi untuk kulit masih patut dipertanyakan, terutama bisa olahraga di gym.

Di area gym, semua orang berkeringan dan bergantian memakai alat satu dan lainnya. Bayangkan, berapa banyak kuman yang 'terbagi'. Kebiasaan memegang wajah baik disadari atau tidak juga dapat memperburuk keadaan kulit.

Untuk menghindari hal tersebut solusinya bukan menghindari gym atau tidak berolahraga. Ikuti tips berikut ini agar kulit sama sehatnya dengan tubuh dan pikiran saat berolahraga, ya!

Skip Makeup

Tidak perlu melapisi wajah dengan makeup apapun ketika berolahraga. Aktivitas yang inten akan membuat tubuh memanas dan pori-pori terbuka. Makeup akan membuat pori-pori tertutup dan itu tidak baik. "Ketika kamu olahraga, kulit harus dapat bernapas," ujar Dr Robyn Gmyrek, dermatologis asal New York, dikutip dari HuffingtonPost.

Cuci Muka Setelah Olahraga

Waktu Terbaik untuk Cuci Muka
Waktu Terbaik untuk Cuci Muka (Sumber: Istockphoto)

"Penting membersihkan wajah setelah olahraga untuk menghilangkan bakteri dan residu keringat yang terakumulasi selama olahraga," jelas Gymrek. Cuci muka juga berfungsi mendinginkan kulit untuk mencegah pecahnya pembuluh darah dan mengembalikan suhu kulit kembali normal lebih cepat.

Pilih Handuk yang Tepat

Meski di gym tersedia handuk, namun membawanya sendiri dari rumah lebih baik. Kamu bisa lebih menjamin kebersihannya, juga memastikan apakah detergen yang dipakai untuk membersihkan itu cocok atau tidak untuk kulitmu.

Jauhi Rambut dari Wajah

rambut kuncir ala ekor kuda (foto: shutterstock)
rambut kuncir ala ekor kuda (foto: shutterstock)

Jika memiliki rambut yang agak panjang, baiknya kuncir atau pakai headban agar tidak ada yang menyentuh wajah. Minyak dari rambut yang menempel di kulit, berpadu dengan keringat, kuman, dan bakteri bisa menyebabkan inflamasi.

Jangan Sentuh Wajah

Alat gym yang dipakai berbarengan dengan orang lain akan menularkan kuman. Bayangkan kalau kuman-kuman tersebut menempel di wajah kamu.

Jaga Kebersihan

Olahraga
Ilustrasi/copyright shutterstock

Tidak menyentuh wajah adalah cara menghindari bertambahnya kotoran di wajah. Kalaupun kamu terpaksa harus menyentuhnya, cuci dulu tanganmu dengan sabun.

Jika sehabis berolahraga wajahmu memerah dan dirasa tak kunjung hilang, pakai es batu untuk mengompresnya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓