Sukses

Beauty

Perencanaan Perawatan Kulit yang Tepat untuk Hadapi Musim Panas

ringkasan

  • Jelang musim panas, perlu dibuat perencanaan perawatan kulit yang tepat agar tidak kering
  • Lakukan perawatan dengan mandi yang singkat, eksfoliasi, mengaplikasikan sunscreen, menggunakan sabun yang tepat, dan hidrasi kulit pada malam hari

Fimela.com, Jakarta Memasuki musim panas tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit cenderung akan terlihat lebih kering dan kusam jika tidak diantisipasi dengan baik.

Untuk itu menjaga kelembapan kulit sangatlah penting. Terutama bagi penghalang kulit. Melansir dari Harpersbazaar.com pada Rabu (12/6/2019) ahli kulit asal New York berbagi trik perencanaan perawatan kulit yang tepat untuk menghadapi musim panas. Apa saja?

1. Mandi yang singkat

Terasa rileks memang ketika mengguyur diri di bawah pancuran. Namun mandi terlalu lama justru mengelupas lipit alami dari kulit. Hal ini justru menyebabkan kulit mengering. Mandilah menggunakan air hangat sebentar saja, sekitar lima menit.

Selain itu, jangan mandi terlalu sering meski udara begitu panas. Lebih baik gosok tubuh dengan lembut menggunakan handuk basah.

2. Menggunakan sabun yang melembapkan

Menggunakan sabun batangan untuk mandi adalah pilihan yang buruk bagi kulit. Sabun batangan memiliki pH yang jauh lebih tinggi. Sekitar 9 hingga 12. Sementara secara alami kulit berada dalam kadar pH 5 dan 6. Selain itu, sabun batang juga dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Disarankan untuk menggunakan sabun berbahan natural dan bebas paraben. Sabun ini biasanya menjalankan dua fungsi, yakni membersihkan dan melembapkan. Selain itu, gunakan sabun yang kaya akan glycerin sebagai zat penahan kelembapan.

Perencanaan perawatan kulit di musim panas

3. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi membantu produk lebih cepat menyerap kulit dengan lebih baik. Gunakan AHA dan scrub gula yang tidak terlalu keras dan tidak menyebabkan iritasi. Cobalah juga untuk menggunakan sikat bulu lembut untuk menghilangkan kulit mati.

4. Aplikasikan sunscreen dua jam sekali

Gunakan sunscreen dengan formula mineral alami untuk melembapkan kulit sekaligus melindunginya dari sinar matahari. Sebaiknya sunscreen digunakan dengan SPF30, tunggu selama 20 menit sebelum pergi ke luar. Aplikasikan di bagian wajah dan keseluruhan tubuh. Kemudian aplikasikan pelembap yang ringan untuk memberikan tampilan yang lembap.

5. Hidrasi kulit secara rutin pada malam hari

Sulit untuk mendapat hidrasi yang cukup bagi kulit sepanjang musim panas. Mengakalinya, perlu untuk melembapkan kulit sehari dua kali dan minum banyak air.

Di malam hari, tak ada salahnya lakukan rutinitas untuk mencegah kulit kering. Cobalah untuk masker kaki dan tangan. Sementara gunakan produk wajah yang mengandung asam hialuronat.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading