Ragam Kosmetik Bibir dan Fungsinya dalam Makeup Sehari-hari

fitriandiani18 Jun 2019, 06:30 WIB
Kosmetik Bibir

Fimela.com, Jakarta Tiap jenis produk makeup punya kegunaannya sendiri-sendiri dalam memberikan sentuhan yang berbeda di wajah, demikian pula dengan makeup bibir. Salah satu yang amat melekat di keseharian mungkin adalah lipstik, yang dikenal sebagai pewarna bibir.

Lipstik itu sendiri memiliki banyak jenis. Belum lagi, kosmetik bibir yang lain. Nah, untuk menambah pengetahuanmu seputar makeup, yuk simak penjelasan di bawah ini tentang ragam kosmetik bibir beserta fungsi-fungsinya.

Lipstik

Berbentuk padat dan memiliki kandungan minyak yang lebih sedikit. Lipstik memiliki macam efek seperti glossy, satin, dan matte

Lipcream

Mirip seperti lipstik, namun beda tekstur. Lipcream tidak sepadat lipstik dan cara pengaplikasiannya pun buruh bantuan kuas. Saat ini, lipcream sedang amat digemari oleh para pecinta makeup!

 

Lipbalm

4 Fakta Tentang Lipbalm
Psst, lipbalm yang sering kamu andalkan untuk melembapkan bibir itu ternyata tak bisa melembapkan. (Foto: pixabay.com)

Kosmetik bibir yang satu ini fungsinya untuk menjaga kelembapan. Jika kamu tergolong sering menggunakan lipstik, usahakan untuk selalu melapisi bibir dengan lipbalm terlebih dahulu.

Setelah mandi saat kamu mulai dandan, langsung aplikasikan lipbalm. Terakhir ketika seluruh riasan kamu sudah siap, baru aplikasikan lipstik. Jeda waktu ini cukup untuk membuat lipbalm meresap ke dalam bibir.

Lipgloss

Ilustrasi lipgloss
Ilustrasi lipgloss/copyright shutterstock

Mirip fungsinya seperti lipbalm, namun lipgloss memiliki fungsi tambahan yakni mewarnai bibir. Biasanya warna lipgloss merupakan warna-warna alami bibir sehingga ketika digunakan terlihat natural, namun kini pilihan warna lipgloss sudah semakin beragam seperti lipstik!

Lip liner

Biasa digunakan untuk 'membingkai' bibir sebelum lipstik diaplikasikan. Selain itu, lip liner juga bisa digunakan merata ke seluruh bibir sebagai alas, untuk membuat lipstik yang diaplikasikan setelahnya jadi lebih tahan lama dan tidak mudah 'geser'.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓