Tips Membuat Rambut Lebih Tebal Menurut Hair Stylist dan Ahli Nutrisi

Beauty Journal16 Jun 2019, 17:16 WIB
Rambut

ringkasan

  • Hindari sampo dengan kandungan sulfate
  • Hindari menggunakan alat styling dengan suhu yang terlalu tinggi
  • Jaga kesehatan rambut dengan gaya hidup sehat dan diet yang tepat
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Rambut yang tipis dan tidak bervolume akan membuat penampilan menjadi tidak maksimal. Karenanya, banyak orang melakukan beragam cara untuk membuat rambut menjadi tampak lebih tebal. Rambut rontok dan minyak berlebih terkadang menjadi penyebab rambut jadi tampak lepek dan tipis. Namun menurut Andi Scarborough, stylist dan co-owner dari Framed salon di Santa Monica, California, perlu diketahui bahwa normalnya setiap hari rambut seseorang mengalami rontok hingga 100 helai per hari. Untuk menghindari supaya rambut yang rontok tidak menumpuk saat keramas, perlu menyisir rambut secara rutin.

Selain yang sifatnya normal, kerontokan rambut juga bisa disebabkan karena berbagai faktor lain seperti ketidakseimbangan hormon, stres, penuaan, gaya hidup tidak sehat hingga faktor genetis berdasarkan pengamatan McKel Hill, seorang ahli nutrisi dan founder of dari Nutrition Stripped pada kliennya. Memiliki rambut tebal dan lebih bervolume bukan hanya sebatas mimpi semata, berikut beberapa tips menurut hair stylist dan ahli nutrisi yang bisa dipraktikkan!

Hindari sampo dengan kandungan sulfate

Bila ingin memiliki rambut yang tebal dan lebih bervolume, sebaiknya hindari produk sampo maupun conditioner yang mengandung sulfate. Andi Scarborough menyarankan untuk menghindari produk yang mengandung sulfate karena bahan kimia ini dapat membuat rambut kehilangan minyak alaminya sehingga membuatnya tampak lepek atau justru menjadi sangat kering serta semakin tipis.

Tidak perlu terlalu sering menggunakan dry shampoo

Rambut
Ilustrasi rambut (iStockphoto)

Dry shampoo adalah solusi praktis untuk bebas dari rambut lepek yang menganggu penampilan. Memang benar bahwa tidak terlalu sering keramas bisa membuat rambut menjadi tebal berkat minyak alami pada kulit kepala, namun kamu juga tidak boleh terlalu banyak menggunakan dry shampoo. Tak hanya membuat rambut menjadi tampak kusam, penumpukan dry shampoo di kulit kepala juga bisa menyebabkan kondisinya menjadi tidak sehat sehingga mudah mengalami kerontokan dan rambut semakin tipis. Andi Scarborough menyarankan penggunaan dry shampoo dengan kandungan protein alami seperti oats.

Rawat kulit kepala secara rutin

Untuk jadikan rambut lebih tebal, kamu bukan saja perlu memerhatikan kondisi rambut tapi juga rutin melakukan perawatan kulit kepala. Tumpukan residu produk perawatan rambut, kotoran, sel kulit mati dan juga minyak berlebih pada kulit kepala juga menjadi penghambat pertumbuhan rambut. Tak cukup dengan keramas menggunakan sampo, menurut Andi Scarborough, Sahabat Fimela juga perlu melakukan eksfoliasi secara rutin untuk memastikan kulit kepala bersih dengan maksimal. Beri pijatan lembut pada kulit kepala dengan minyak alami seperti argan oil atau peppermint oil. Aplikasikan sunscreen juga untuk meminimalkan efek negatif paparan sinar matahari pada kulit kepala dan juga rambut.

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen untuk Perlindungan Ekstra Bagi Kulit Kepalamu

Hindari menggunakan alat styling dengan suhu yang terlalu tinggi

Catok Rambut
Ilustrasi/copyright shutterstock

Kini tidak perlu terlalu sering ke salon untuk mendapatkan rambut lurus, bergelombang atau keriting, karena bisa menggunakan alat styling rambut sendiri di rumah. Namun menggunakannya terlalu sering bahkan setiap hari dengan suhu terlalu tinggi akan membuat rambut menjadi bermasalah dan rusak, lho. Karenanya, Andi Scarborough menyarankan untuk mengatur suhu alat styling rambut ke tingkat rendah atau medium. Sebagai perlindungan tambahan untuk kulit kepala dan juga rambut, atas saran dari Andi Scarborough kamu bisa menggunakan heat protectant sebelum menggunakan hair tools.

Jaga kesehatan rambut dengan gaya hidup sehat dan diet yang tepat

Tak hanya melakukan perawatan secara eksternal, juga perlu merawat kesehatan rambut agar lebih tebal dan bervolume dengan memberikan nutrisi dari dalam tubuh. Jaga kesehatan rambut dengan banyak mengonsumsi makanan sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah, sayur dan juga lemak sehat. Menurut Jessica Cording, R.D., penulis buku Little Book of Game-Changers: 50 Healthy Habits for Managing Stress & Anxiety, Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjadikannya tetap sehat dan terlepas dari masalah. Hindari melakukan diet yang memaksa kamu menghindari jenis makanan tertentu yang akan membuat asupan nutrisi pada tubuhmu menjadi tidak seimbang.

Baca Juga: Tips Merawat Rambut yang Rentan Rusak Akibat Polusi Udara

Bagi yang sedang mencari produk perawatan untuk menjaga kesehatan rambut dan mengatasi beragam masalahnya, produk-produk dari Daeng Gi Meo Ri, bisa menjadi pilihan yang tepat. Brand dari Korea Selatan ini menghadirkan ragam produk perawatan rambut dengan mengkamulkan bahan-bahan herbal yang aman digunakan.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓