Manfaat Moringa Oil untuk Kulit Hingga Rambut yang Perlu Diketahui

Beauty Journal12 Jun 2019, 17:35 WIB
Cantik

Fimela.com, Jakarta Tanaman moringa atau dikenal dengan daun kelor bisa disebut sebagai tanaman dengan sejuta manfaat. Mulai dari daun, batang, biji, bunga, akar hingga getahnya bisa digunakan sebagai obat alami atau diolah menjadi kreasi masakan lezat. Tak heran, tanaman yang banyak ditemukan di India ini juga digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mempercantik kulit wajah, rambut juga pengobatan tubuh. Bagi kamu yang sedang mencari bahan alami untuk kulit tampak indah, yuk simak penjelasan mengenai Moringa di bawah ini.

Mengenal Moringa Oil

Moringa oil merupakan minyak esensial yang terbuat dari tanaman kelor. Seorang peneliti bahkan menyebutnya sebagai salah satu pohon paling berguna di dunia. Sebut saja, biji dari moringa dapat digunakan untuk menjernihkan air. Daun moringa atau daun kelor diperkaya nutrisi, mulai dari vitamin A yang lebih banyak dari wortel, kalsium yang lebih banyak dari susu dan zat besi yang lebih banyak dari bayam.

Industri kecantikan yang mengklaim bahannya alami, sedikit banyak mulai mengincar daun kelor sebagai salah satu kandungan di dalam produknya. Beberapa menggunakannya sebagai campuran dalam krim, serum, sampo, kondisioner bahkan makeup sekalipun. Hal ini tak lepas dari manfaat moringa oil yang berguna bagi kulit dan rambut. Nah, berikut deretan manfaat moringa oil yang bisa didapatkan.

Manfaat Minyak Moringa bagi Kulit

Moringa
Ilustrasi moringa/copyright shutterstock

Minyak Anti Penuaan

Tanaman yang kaya akan nutrisi ini diolah menjadi minyak anti aging karena manfaatnya untuk menghilang keriput. Moringa oil juga dapat mencegah kulit yang kendur dengan memperlambat proses penuaan berkat antioksidan didalamnya. Selain itu, moringa oil juga membantu mengekang aktifitas radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan berbagai masalah kulit.

Memberikan kulit tampak bersinar

Penggunaan minyak moringa dapat membantu menjadikan kulit lebih bersinar dan menutrisi kulit secara optimal. Hal ini dikarenakan minyak moringa dapat membersihkan debu dan kotoran yang kerap menjadi penyebab kulit kusam, sehingga kemurnian kulit dapat kembali dan sel kulit menjadi lebih sehat.

Mengatasi jerawat dan ruam kulit

Memiliki sifat anti-inflamasi membuat minyak moringa terkenal dengan khasiatnya untuk menyembuhkan jerawat, noda hitam hingga komedo. Tak hanya itu, minyak moringa juga dikenal dengan antiseptik-nya yang membantu menyembuhkan luka bakar dan ruam pada kulit.

Manfaat Minyak Moringa untuk Rambut

Rambut
Ilustrasi rambut (iStockphoto)

Melembapkan kulit kepala

Bagi yang suka memijat kepala, minyak moringa bisa jadi pilihan kamu karena teksturnya yang lembut dan wanginya yang segar. Minyak moringa dianggap memiliki tekstur yang mirip dengan minyak yang diproduksi kulit secara alami sehingga dapat menyeimbangkannya dengan semua jenis kulit terutama kamu yang memiliki kulit kepala kering.

Untuk rambut lebih kuat

Minyak moringa dapat menyerap hingga folikel rambut, sehingga dapat mengatasi berbagai masalah seperti kerontokan maupun rambut bercabang. Moringa oil akan mengisi nutrisi rambut dengan berbagai kandungan di dalamnya, mengingat moringa oil kaya akan vitamin A yang dapat menurtisi sel rambut dan menguatkannya.

Melawan ketombe dari ujung rambut

Kandungan mineral dan vitamin didalam moringa oil dipercaya dapat membantu mengatasi ketombe dan rambut bercabang. Minyak moringa bekerja dengan menembus folikel rambut sehingga ideal digunakan sebagai perawatan rambut.

Baca juga: Manfaat Minyak Eucalyptus untuk Tubuh, Kulit dan Rambut yang Perlu Diketahui

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓