5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Lakukan Bedah Estetika

Zaki Baldan06 Jul 2019, 00:01 WIB
5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Lakukan Bedah Estetika

Fimela.com, Jakarta Sempat dianggap tabu, bedah estetika atau operasi plastik untuk mempercantik penampilan kini mulai diterima masyarakat luas. Bahkan, jadi tren kecantikan di Negeri Ginseng. Sebelum memutuskan untuk melakukan bedah estetika, pertimbangkan beberapa informasi penting berikut ini.

Dokter Bedah Plastik

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Lakukan Bedah Estetika
(c) shutterstock

Ingin memiliki hidung mancung, memperbaiki kelopak mata yang turun, hingga meniruskan pipi dan rahang, itu semua bisa dicapai dengan melakukan operasi plastik. Tapi sebaiknya, temui dokter yang ahli dalam bidang bedah plastik untuk mengkonsultasikan tindakan yang sesuai dengan keinginanmu.

Pilih dokter yang kompeten, punya surat izin praktek, dan anggota dari perkumpulan dokter bedah estetik nasional maupun internasional. Selain itu, dokter yang berpengalaman dan punya jam terbang tinggi biasanya memiliki foto before-after operasi plastik yang dapat dijadikan bahan pertimbangan.

Prosedur yang Akan Diberikan

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Lakukan Bedah Estetika
(c) shutterstock

Sebagai pasien, kamu berhak kok mendapatkan gambaran yang jelas akan prosedur medis yang bakal dilakukan, baik sebelum, selama, maupun sesudah operasi. Salah satu hal yang wajib diketahui adalah jenis pembiusan yang akan dilakukan. Tidak semua operasi plastik memerlukannya, seperti operasi lipatan kelopak mata, kantung mata, operasi hidung, atau liposuction yang bisa langsung pulang tanpa memerlukan rawat inap.

Tanyakan pada dokter jenis bius yang diperlukan, misalnya bius umum yang membuatmu tidak sadar selama operasi berlangsung atau bius regional akan menghilangkan rasa sakit atau tak nyaman di area tubuh tertentu namun tetap membuatmu sadar. Sedangkan bius lokal membuatmu tetap sadar dan akan menyuntikkan obat anastesi ke bagian tubuh yang akan dioperasi.

Risiko dan Komplikasi

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Lakukan Bedah Estetika
(c) shutterstock

Selain menanyakan prosedur yang akan dilakukan selama operasi plastik, cari informasi juga tentang perlu tidaknya melakukan perawatan. Apalagi setiap tindakan bedah tentunya memiliki risikonya masing-masing, dari yang ringan hingga komplikasi berat.

Jangan cemas, keselamatan pasien tentunya menjadi prioritas yang utama. Dokter yang berpengalaman tentunya akan melakukan persiapan pra operasi. Begitu juga pusat layanan akan menyediakan alat, sarana, dan prasarana yang berkualitas baik sehingga dapat meminimalkan risiko dan komplikasi yang tidak diharapkan.

Biaya Operasi

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Lakukan Bedah Estetika
(c) shutterstock

Biaya operasi plastik biasanya akan mencakup jasa dokter bedah plastik, sarana dan prasarana operasi, serta obat. Tambahan biaya yang juga harus dipertimbangkan adalah pembiusan, perawatan pemeriksaan laboratorium, hingga penunjang medis seperti EKG dan Radiologi. Semakin berkualitas layanan kesehatan yang menawarkan operasi plastik, maka biaya yang dipatok pun semakin tinggi.

Penyedia Layanan Bedah Plastik

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Lakukan Bedah Estetika
©EMC

Selain menentukan dokter yang akan melakukan prosedur kecantikan, pertimbangkan penyedia layanan bedah plastik yang diinginkan. Mulai dari alat medis dan sarana yang memadai, faktor keamanan, sterilitas, hingga produk dan obat yang digunakan. Jangan sampai terjebak dengan penawaran yang menggiurkan yang menawarkan biaya murah tapi hasilnya jauh dari harapan.

Berniat melakukan operasi plastik? Jangan ragu untuk memilih EMC Plastic Surgery & Aesthetic Center yang memiliki tim dokter berpengalaman dan menggunakan teknologi terkini. Kamu bias mendapatkan solusi perawatan kecantikan kulit yang aman dan nyaman melalui tindakan non-invasif (non bedah), bedah estetika, hingga bedah rekonstruktif.

Plastic Surgery & Aesthetic Center di RS EMC Sentul bahkan telah mendapat Sertifikasi dari Organisasi Bedah Plastik Estetik Internasional (ISAPS) sebagai bukti komitmen RS EMC memberikan pelayanan terbaik. Info lengkap klik di sini.