Jerawat Sering Muncul Akibat Pakai Kacamata, Begini Cara Atasinya

fitriandiani22 Jun 2019, 13:00 WIB
Pakai kacamata bisa jadi penyebab jerawat

Fimela.com, Jakarta Kacamata diperlukan sebagai alat bantu untuk orang-orang yang memiliki gangguan penglihatan. Berbeda dengan pemakai kacamata sebagai fashion, frekuensi para penderita gangguan penglihatan ini dalam memakai kacamata tentu lebih sering. Terkadang, hal tersebut mengganggu kesehatan kulit.

Masalah kulit yang paling sering terjadi akibat kacamata adalah jerawat. Laura Ferris, M.D., Ph.D., associate professor di department of dermatology, University of Pittsburgh, mengatakan, penyebab jerawat bagi pengguna kacamata adalah adanya tekanan dari badan kacamata ke kulit.

Badan kacamata yang terlalu menempel akan menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Selain itu, penggunaan makeup dan jenis kulit berminyak juga menambah faktor penyebab munculnya jerawat.

Cara Atasi Jerawat yang Timbul Akibat Pakai Kacamata

Skincare wajib bagi si pemilik kulit kering
Skincare wajib bagi si pemilik kulit kering. (Foto: shutterstock)

1. Sesuaikan model

Pilih model yang tidak terlalu menempel di wajahmu bagian hidung, pipi, dan pelipis. Ini penting untuk mencegah pori-pori tersumbat dan mengakibatkan timbulnya jerawat.

2. Skincare untuk jerawat

Seperti merawat kulit berjerawat biasanya, ketika jerawat timbul di area kacamatamu menempel, kamu juga perlu merawatnya dengan skincare khusus yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide, mulai dari facial wash sampai pelembap. Jika dibutuhkan, pakai juga spot treatment untuk mempercepat penyembuhan.

Lepaskan kacamata jika memungkinkan, atau sesekali gantilah dengan softlens. Ingat juga, kebersihan wajah adalah kunci. Jadi tiap kali kamu membersihkan wajah, pastikan kamu telah melakukannya dengan optimal, ya!

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓