Cara Alami Membuat Kulit Bercahaya saat Musim Panas

Anisha Saktian Putri20 Jun 2019, 11:30 WIB
Rahasia Sederhana Untuk Menciptakan Kulit Wajah Glowing

Fimela.com, Jakarta Kulit halus, kencang, bercahaya dengan sedikit kecokelatan menjadi penampilan sempurna ketika musim panas tiba. Tapi kenyataannya, kulit justru terlihat kusam.

Saat musim panas, suhu meningkat, panas yang terik, dan kelembapan membuat kelenjar minyak yang sudah aktif menjadi hiperaktif. Alhasil kulit menjadi kelebihan sebum yang berlebihan di sekitar zona T, ruam, terbakar sinar matahari, dan yang paling parah tanda-tanda penuaan dini mulai terlihat.

Inilah mengapa sahabat Fimela membutuhkan rutinitas perawatan kulit yang tepat sebagai pertahanan utama menjaga kulit tetap sehat. Dilansir, stylecraze.com, Kamis (20/6) berikut cara alami membuat kulit bercahaya di musim panas.

1. Mencuci wajah

3 Tips Mengatasi Wajah Berminyak Setelah Bangun Tidur
mengurangi wajah berminyak, cuci muka dengan sabun wajah (via: liteleymamu.com)

Membersihkan wajah adalah rutinitas perawata kulit paling mendasar. Nah selama musim panas, wajah cenderung menghasilkan lebih banyak minyak yang dapat menyebabkan jerawat.

Untuk itu, pilihlah pembersih berbusa yang mengandung asam salisilat. Jika kulit kering, gunakan wajah non-sabun untuk membersihkan wajah dua kali sehari. Ini berlaku untuk mereka yang memiliki kulit kombinasi.

Jika kulit normal, gunakan pembersih wajah berbasis gel selama musim panas. Cucilah wajah dua kali hingga tiga kali sehari untuk wajah tetepa segar.

2. Jangan lupa gunakan sunscreen

Perlindungan sinar matahari untuk wajah, tangan, kaki, dan bagian tubuh yang terbuka lainnya sangat penting. Paparan sinar UV yang berlebihan dapat merusak kulit secara permanen dan menyebabkan kulit terbakar, keriput, garis-garis halus, dan penuaan dini. Investasikan dalam tabir surya atau tabir surya yang memiliki spektrum UV luas (setidaknya SPF 30). Oleskan dua kali sehari pada semua bagian kulit yang terbuka.

3. Antioksidan

Investasi dalam serum, pelembap, tabir surya yang hadir dengan tambahan antioksidan. Misalnya. vitamin C dapat meningkatkan kolagen. Krim dan serum yang mengandung ektrak alami dan antioksidan daoat mengurangi peradangan apalagi saat musim panas.

4. Jagalah diri tetap terhindrasi

Minum air/shutterstock
Minum air/shutterstock

Minum air banyak merupakan hal penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, mengelurakan racun dari tubuhmu, dan selalu merasa segar sepanjang hari. Jadi jangan lupa untuk selalu membawa botolmu.

5. Go easy on makeup

Selama musim panas, sebaiknya tidak menggunakan makeup tebal. Karena kulit perlu bernafas saat cuaca panas. Gunakan pelembap mengandung SPF dan lapisi dengan bedak.

Jangan lupa gunakan lipbalm berwarna, hindari riasan mata tebal. Buatlah riasan wajah seminimal mungkin.

6. Gunakan face mist

Face mist sangat diperlukan di saat musim panas. Sebab dapat membantu dalam menenangkan kulit terbakar dan peradangan.

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓