Rahasia Kulit Flawless Walau Tanpa Foundation!

Beauty Journal17 Jun 2019, 17:05 WIB
foundation

ringkasan

  • Jangan Pernah Melewatkan Pelembap dan Sunscreen
  • Set Wajah dengan Compact Powder
  • Gunakan Highlighter untuk Membuat Kulit Tampak Glowing
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Foundation merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan tampilan makeup flawless. Oleh karenanya, tak heran jika foundation dijadikan sebagai salah satu produk complexion wajib yang dikamulkan oleh sebagian besar perempuan. Namun, kulit flawless sebenarnya juga bisa didapatkan meski tanpa penggunaan foundation, lho! Lihat saja Sandra Dewi, Syahrini, dan juga Marshanda. Ketiganya hampir tidak pernah menggunakan foundation dalam rutinitas makeup mereka. Meski demikian, tampilan kulitnya tetap glowing dan flawless. Well, kira-kira apa rahasianya?

Jangan Pernah Melewatkan Pelembap dan Sunscreen

Dari beberapa video tutorial makeup tanpa foundation yang diunggah para beauty influencer lokal maupun internasional, mereka selalu menegaskan jika penggunaan pelembap adalah kunci utama untuk mendapatkan kulit wajah yang lembap agar makeup dapat menempel sempurna pada kulit. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen. Jika ingin memakai produk yang ringkas, kamu bisa mencoba L’Oreal Paris UV Perfect. Menurut video tutorial yang diunggah oleh Fatya Biya selain berfungsi sebagai sunscreen, produk ini juga bisa sekaligus digunakan untuk moisturizing bahkan primer, lho!

Concealer Adalah Kunci

Selain meratakan warna kulit, penggunaan foundation juga berfungsi untuk menutupi noda-noda bekas jerawat, flek hitam, dan lingkar hitam di bawah mata. Namun, kamu dapat mengganti penggunaan foundation dengan concealer untuk menutupi masalah-masalah tersebut. Gunakan concealer pada bagian wajah yang terdapat dark spot dan area kulit bawah mata. Diamkan beberapa saat hingga concealer set, setelah itu ratakan menggunakan sponge atau blending brush. Untuk concealer dengan hasil coverageyang memuaskan, kamu bisa menggunakan Maybelline FitMe Concealer. Namun, untuk pilihan versi high end-nya, kamu bisa juga menggunakan Make Up For Ever Ultra HD Concealer yang menjadi produk andalan beauty vlogger sekaligus makeup artist asal Los Angeles, Roxette Arisa.

Baca juga: Cara Tepat Menggunakan Concealer Sesuai Kebutuhan Kulitmu

Lip Tint untuk Wajah yang Lebih Fresh

Lipstik
Ilustrasi/copyright shutterstock

Blush on dan lipstik merupakan dua produk makeup yang bisa memberikan efek wajah tampak lebih fresh. Namun, untuk rangkaian yang lebih ringkas, bisa mengganti lipstik dan blush on dengan menggunakan lip tint yang bisa digunakan sebagai pewarna bibir sekaligus pemulas pipi untuk hasil riasan yang lebih natural dan rona pipi yang segar alami. Pilihlah produk lip tint yang ringan dan mudah dibaurkan, seperti Wardah Everyday Cheek And Lip Tint atau Benefit Benetint.

Set Wajah dengan Compact Powder

Bagi yang memiliki jenis kulit kombinasi atau berminyak, bisa menggunakan bedak untuk setting makeup agar riasan lebih awet dan menghasilkan hasil akhir makeup yang matte. Dikarenakan kamu tidak menggunakan foundation, maka kamu bisa memilih bedak dengan jenis compact powder. Pilihlah compact powder seperti Make Over Power Stay Powder Foundation yang coverage-nya bisa membantu meratakan warna kulit dengan baik. Aplikasikan powder secara tipis pada bagian wajah seperti T-zone dan juga area bawah mata untuk mencegah makeup menjadi creasing.

Jangan Lupakan Riasan Mata

Selain wajah, kamu juga tidak boleh melupakan riasan pada bagian mata. Untuk makeup mata yang natural, gunakan eyelash curler untuk menciptakan bulu mata yang panjang dan lentik, serta sapukan maskara untuk menciptakan bulu mata yang nampak lebih tebal alami. Bila kamu ingin membuat tampilan mata yang lebih lebar, kamu bisa membuat garis eyeliner yang tipis. Terakhir, jangan lupa untuk merapikan alis agar penampilan tampak semakin on point.

Gunakan Highlighter untuk Membuat Kulit Tampak Glowing

Terakhir, salah satu kunci makeup yang flawless ditkamui oleh tampilan kulit yang tampak glowing. Agar membuat kulit glowing, kamu bisa menyapukan powder highlighter di atas bagian tulang pipi, hidung, dan dagu pada tahap akhir makeup. Namun, jika ingin tampilan wajah alami yang bercahaya, kamu bisa menggunakan liquid highlighter setelah pemakaian concealer. Untuk pilihan produk, coba gunakan Luxcrime Ultra Highlighter atau NYX Born To Glow Liquid Illuminator.

Baca juga: Tips Dapatkan Tampilan Mochi Skin Ala perempuan Jepang

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓