5 Tips untuk Kulit Berjerawat dari LabMuffin

Beauty Journal19 Jun 2019, 19:35 WIB
Jerawat

ringkasan

  • Gunakan gentle cleanser
  • Ganti sarung bantal secara rutin
  • Gunakan skin care dengan kandungan aktif untuk jerawat
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Jika Sahabat Fimela adalah penggiat skin care, tentu nama LabMuffin sudah tak lagi asing terdengar. Kalau kamu belum kenal, LabMuffin adalah nama blog milik Michelle Wong, chemistry PhD dan pengajar sains asal Sydney, Australia. Melalui blog, Instagram, serta channel YouTube-nya, Michelle kerap berbagi seputar skin care dengan penjelasan sains yang mudah dipahami. Sebagai seseorang yang tumbuh besar dengan kulit berminyak dan acne prone sejak usia 13 tahun, Michelle pun membagikan 5 tips utamanya untuk kulit berjerawat melalui video di YouTube-nya. Nah, BeautyJournal sudah merangkum 5 tips berikut untuk kamu ikuti, nih. Yuk, lihat di bawah!

1. Gunakan gentle cleanser

Michelle menuturkan bahwa miskonsepsi terbesar yang pernah ia percaya adalah menggunakan scrub dan pembersih yang terasa sakit di kulit dapat membantu mengatasi jerawat. Padahal, menggunakan pembersih yang harsh seperti mengandung butiran scrub kasar atau kandungan yang membuat kulit kering dapat menyebabkan inflamasi dan iritasi yang memperparah jerawat. Semakin kondisi kulit terganggu, semakin mudah pula jerawat muncul dan bertambah. Itulah kenapa kulit berjerawat seharusnya menggunakan gentle cleanser yang akan menjaga kulit dan tidak membuat kulit kering, sehingga kulit akan memproduksi minyak lebih sedikit dan dapat pulih lebih cepat.

Baca juga: Mengalami 1 dari 5 Hal Berikut? Hal Ini Dapat Menjadi Tanda Bahwa kamu Salah Memilih Sabun Muka

2. Jauhi cermin

Jenis Jerawat Serta Cara Mengatasinya
(Sumber: iStockphoto)

Hayo, siapa yang masih memiliki kebiasaan untuk memencet dan 'mengulik' jerawat di wajah tiap kali bercermin? Kebiasaan ini dapat memperparah iritasi jerawat, lho. Bahkan, dapat menyebabkan bekas luka jika kamu terlalu kasar dengan jerawat. Menurut pengalaman Michelle, saat ia menginap di hotel yang tidak memiliki cermin, kondisi jerawatnya jauh lebih membaik karena ia tak lagi memencet-mencet jerawatnya. Jadi, kalau kamu kerap 'gatal' untuk memencet jerawat, coba jauhi cermin dulu, deh!

3. Pencet jerawat dengan benar

Walau banyak pendapat yang menyatakan bahwa jerawat tidak boleh dipencet, menurut Michelle terkadang jerawat lebih baik diekstraksi ketimbang dibiarkan saja. Namun, dengan catatan proses ekstraksi dilakukan dengan benar dan gentle. Pastikan proses ekstraksi higienis dengan membersihkan tangan, membersihkan wajah, dan menggunakan tisu untuk melapisi jari atau cotton bud untuk memencet jerawat. Selain itu, gunakan pemencet jerawat khusus yang steril untuk menusuk jerawat terlebih dahulu sebelum dipencet, agar isi jerawat dapat keluar dengan benar. Jika tidak dilakukan dengan benar dan higienis, maka hanya akan memperparah kondisi jerawat.

4. Ganti sarung bantal secara rutin

kepribadian
ilustrasi bantal/Photo by Teri on Unsplash

Apakah kamu sadar bahwa selama kurang lebih 8 jam sehari, besar kemungkinan kamu menempelkan kulit wajah pada permukaan yang penuh kotoran comedogenic? Yup, saat kamu tidur, minyak, bakteri, dan sebum akan tertinggal di wajah dan teroksidasi oleh udara. Ditambah dengan debu dan kotoran dari kamar, semua hal ini bersifat comedogenic dan dapat memperparah jerawat. Belum lagi jika kamu menggunakan conditioner rambut yang kandungannya berpotensi menimbulkan jerawat. Duh! Agar hal ini tak terjadi, pastikan kamu selalu mengganti sarung bantal secara berkala, ya!

5. Gunakan skin care dengan kandungan aktif untuk jerawat

Michelle menjelaskan bahwa terdapat 4 faktor penyebab jerawat, yaitu: inflamasi, pori-pori tersumbat, bakteri, dan minyak berlebih. Nah, untuk merawat kulit berjerawat, pastikan kamu menggunakan skin care dengan kandungan yang dapat mengatasi faktor tersebut. Mungkin dengan menggunakan chemical exfoliant, atau skin care dengan kandungan benzoyl peroxidedan retinoid.

Baca juga: Rekomendasi Produk dengan Kandungan Benzoyl Peroxide untuk Basmi Jerawat

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓