Tips Merawat Kulit Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Beauty Journal20 Jun 2019, 18:05 WIB
Travelling

ringkasan

  • Hindari menggunakan makeup terlalu tebal
  • Minimalisir mandi dengan air panas
  • Bawa produk kecantikan esensial
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Untuk Sahabat Fimela yang sudah memiliki rencana untuk berlibur ke luar kota di waktu kosong. Nah, jika kamu memiliki rencana melakukan perjalanan jauh, simak tips berikut agar kulitmu tetap sehat terawat!

1. Hindari menggunakan makeup terlalu tebal

Saat melakukan perjalanan jauh, apalagi ke tempat baru atau melewati tempat-tempat yang cantik, banyak perempuan yang ingin tampil dengan makeup se-flawless mungkin agar selalu siap untuk berfoto dan update di media sosial. Namun, kalau perjalananmu panjang, hal ini justru bisa menjadi penyebab terjadinya masalah kulit, lho!

Untuk kamu yang travelling dengan jalur darat, pasti sudah tahu deh kalau toilet umum lebih sering berada dalam kondisi kotor ketimbang bersih. Belum lagi sulit untuk melakukan double cleansing yang maksimal jika antrian di toilet sudah mengular. Hmm, daripada sisa makeup tak bersih sempurna dan menjadi penyebab jerawat, lebih baik gunakan makeup simpel saja, yuk! Agar tetap on untuk update di media sosial, jangan lupa bawa lipstik bold andalanmu.

2. Jangan lewatkan pelembap

Skincare/mlg
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

Baik dalam bentuk moisturizer krim, gel, lotion, sheet mask, maupun face mist, menjaga kelembapan kulit selama perjalanan pantang untuk dilewatkan. Apalagi, angin AC dari mobil, pesawat, atau kereta dapat membuat kulit kamu semakin kering. Idealnya, sih, banyak minum untuk membantu asupan cairan tubuh terpenuhi, tapi untuk menghindarimu bolak-balik ke toilet yang sedikit 'repot', lebih baik pastikan kulit tetap lembap dengan rutin menggunakan produk pelembap selama perjalanan, ya!

Baca juga: Menggunakan Sheet Mask Selama Penerbangan Jauh Bisa Memicu Munculnya Jerawat, Ini Sebabnya!

3. Bawa produk kecantikan esensial

Mobilitas yang tinggi saat bepergian membuat banyak orang tak bisa membawa terlalu banyak produk skin care dan kecantikan. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah membawa seluruh produk esensial tanpa ada yang tertinggal. Untuk tas ransel atau tas tanganmu, pastikan produk berikut ada di dalamnya: kertas minyak, lip balm, pelembap multifungsi yang dapat digunakan untuk seluruh kulit, tisu basah, tisu kering, makeup wipes, moisturizer, dan sunscreen. Selain itu, kamu juga bisa membawa beberapa produk perawatan kulit yang pas untuk traveling lainnya seperti face mist, parfum, dan toner pad.

Baca juga: Produk yang Perlu Ada di Dalam Tas Kabin untuk Mendapatkan Tampilan Segar Setelah Penerbangan Jauh

4. Minimalisir mandi dengan air panas

Saat sudah beraktivitas seharian dan kaki mulai terasa pegal, tentu mandi berendam dengan air panas terdengar sangat menyenangkan. Walau mandi dengan air panas memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh seperti memberi efek relaksasi dan membuat tidur lebih nyenyak, suhu air yang terlalu panas dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Tak hanya itu saja, mandi dengan air panas terlalu lama dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit. Jika memungkinkan, minimalisir frekuensi mandi dengan air panas dan hindari menghabiskan waktu mandi dengan air panas terlalu lama.

Baca juga: Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin, Mana yang Lebih Sehat?

5. Perhatikan apa yang dimakan

Ilustrasi makanan sehat
Pastikan tubuh tetap kuat selama berpuasa dengan cara-cara ini.

Sudah sering disebutkan bahwa hasil studi menunjukkan adanya kaitan erat antara pola makan dan kondisi kulit. Nah, kalau sedang liburan, mungkin akan melupakan fakta tersebut dan asyik menikmati berbagai makanan. "Mumpung lagi liburan, nih!", begitu pikir kamu. Eits, walau sedang berlibur, jangan sampai kamu pulang dengan membawa 'oleh-oleh' jerawat karena menyantap makanan berminyak melulu. Coba atur pola makan kamu agar lebih seimbang, misalnya menu gorengan, berminyak, atau junk food di siang hari dan menu sayur di pagi dan malam hari.

Baca juga: 5 Langkah Detoksifikasi Tubuh yang Sehat dan Aman Usai Traveling

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓