Manfaat Cardamom Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut yang Wajib Diketahui

Beauty Journal24 Jun 2019, 18:14 WIB
Perawatan wajah

Fimela.com, Jakarta Cardamom Oil (Elettaria Cardamomum) atau yang mungkin lebih dikenal dengan nama kapulaga adalah salah satu kandungan herbal yang sudah digunakan sejak 4,000 tahun silam untuk pengobatan beragam penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, asma, jantung hingga pencernaan. Tak hanya itu, rasanya yang manis dan gurih membuat cardamom atau kapulaga seringkali dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dapur yang dapat memperkaya rasa makanan dan membuatnya menjadi semakin nikmat, khususnya makanan khas timur tengah seperti kari dan nasi briyani. Sebagai salah satu kandungan herbal yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, cardamom oil ternyata juga bisa bermanfaat untuk kecantikan kulit dan juga rambut, lho. Apa saja?

Mencerahkan kulit

Cardamom oil memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi, yang dikenal sebagai salah satu kandungan yang dapat membantu mencerahkan kulit sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Mengaplikasikannya secara langsung atau menggunakan produk skin care dengan kandungan cardamom juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Anti inflamasi

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Kapulaga atau cardamom, khususnya varietas yang berwarna hitam memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi iritasi, kemerahan serta alergi yang terjadi pada kulit. Sifat antiseptiknya dapat membantu menenangkan kulit dan dapat dimanfaatkan sebagai toner alami yang akan membantu mengembalikan kondisi kulit dan menjadikannya lebih sehat.

Baca Juga: Meski Jarang Terdengar, 5 Kandungan Face Oil Ini Ternyata Punya Banyak Manfaat Kecantikan, Lho!

Melembapkan bibir

Tak hanya untuk kulit, cardamom oil juga sudah banyak digunakan di dalam produk lip care salah satunya adalah lip balm karena dapat membantu melembapkan bibir dan efektif mengatasi bibir kering serta pecah-pecah. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengaplikasikan lip balm dengan kandungan cardamom oil atau mengoleskan minyak esensial ini secara langsung pada bibir di malam hari dan membilasnya pada pagi hari.

Merawat kulit kepala

Keramas
Ilustrasi keramas/copyright shutterstock

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh cardamom oil membuatnya menjadi salah satu kandungan herbal yang dapat memberikan manfaat untuk merawat kulit kepala dan menjaganya agar tetap sehat. Cardamom oil juga dapat membantu menguatkan akar rambut hingga tidak mudah rontok dan membuatnya menjadi lebih tebal serta tampak lebih bervolume. Gunakan minyak esensial ini sebelum menggunakan sampo saat keramas secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Mengatasi ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang mengganggu karena terasa gatal dan membuat penampilan menjadi tidak maksimal. Selain merawat dan menjaga kesehatan kulit kepala, cardamom oil juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe berkat sifat antiseptik dan anti jamurnya. Sifat anti-bakterinya juga bisa membantu mengurangi iritasi atau infeksi yang terjadi di kulit kepala, lho.

Baca Juga: Selain Menghilangkan Bekas Jerawat, Rosehip Oil Ternyata Juga Bisa Dimanfaatkan untuk 7 Hal Ini, Lho!

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓