5 Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu

Karla Farhana26 Jun 2019, 14:00 WIB
Minuman Khas Bali

Fimela.com, Jakarta Teh jahe sebenarnya merupakan minuman tradisional yang sudah lama dipercaya memiliki khasiat kesehatan. Teh jahe, tulis India Times, hingga kini masih dinikmati para orang tua di Negara Anak Benua. 

Mereka percaya, jahe memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain sebagai minuman kesehatan, teh jahe juga kerap dinikmati di waktu musim hujan, musim dingin, dan saat jatuh sakit. 

Bukan cuma flu dan demam saja, masih ada banyak khasiat teh jahe bagi kesehatan yang belum banyak orang tahu. Berikut ini beberapa di antaranya. 

Meredakan Mual

Kamu mudah mabuk saat berada di dalam kendaraan? Atau memiliki gangguan sistem pencernaan yang membuatmu mual-mua di pagi hari? Teh jahe ini dapat meredakan rasa mual. Bisa juga digunakan ketika bepergian jauh. Caranya, dengan meminum teh jahe sebelum berangkat. 

Masalah Pencernaan

20150809-Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Untuk Redakan Radang Tenggorokan-Teh Jahe
Secangkir teh jahe atau madu hangat juga bisa membantu mengatasi tenggorokan yang iritasi dan gatal. Madu bisa melapisi dinding tenggorokan, dan mencegah terjadinya iritasi. (huffingtonpost.com)

Sejak beberapa abad lalu, jahe sudah digunakan untuk mengobati berbagai masalah pencernaan. Karena, jahe memiliki efek yang dapat menenangkan saluran usus dan mengurangi produksi gas dalam sistem pencernaan. 

Lancarkan peredaran darah

 

Teh jahe yang baik tanpa gula juga bisa melancarkan aliran darah. Dengan begitu, risiko untuk terjangkit penyakit jantung juga bisa dikurangi atau dicegah. Hal ini karena jahe mengandung mineral dan asam amino yang bisa menyeimbangkan aliran darah. 

Menenangkan

Bukan hanya menjaga kesehatan secara fisik, tetapi juga secara mental. Ketika kamu sedang down dan panik, teh jahe berkhasiat menenangkanmu. Bukan karena kandungannya, tetapi aroma teh jahe mampu mengurangi stres. 

Mengurangi Rasa Sakit Saat PMS

Fakta di Balik 5 Mitos Populer Seputar PMS (Sam Aus/Shutterstock)
Fakta di Balik 5 Mitos Populer Seputar PMS (Sam Aus/Shutterstock)

Selain itu, teh jahe juga bisa membantu mengurangi rasa sakit selama menstruasi atau PMS. Karena, jahe mengandung anti inflamasi dan dapat menenangkan. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓