Tips Hilangkan Ketombe Akibat Menggunakan Terlalu Banyak Produk Rambut

Karla Farhana27 Jun 2019, 07:30 WIB
Yuk, Mengenal 10 Bahan Anti Ketombe yang Ada pada Sampo!

Fimela.com, Jakarta Ketombe yang paling banyak ditemui sebenarnya merupukan jamur yang tumbuh di kulit kepala karena berbagai hal, seperti kulit kepala yang lembap, dan lain sebagainya. 

Namun, bagaimana jika ketombe muncul tetapi bukan jamur pada kulit kepala? Dilansir dari Hair Buddha, ketombe tersebut merupakan build up atau produk perawatan rambut yang mengendap di kulit kepala. 

Product build up ini biasanya akan menimbulkan rasa gatal. Selain itu, jika dibiarkan, rambut akan menjadi rontok, rapuh, dan sangat kering. 

Pasalnya, sisa produk yang tidak bisa dibersihkan dengan sampo biasa ini akan menyelimuti setiap batang rambut. Sehingga, prpduk perawatan rambut tidak dapat masuk ke dalam kutikula. Sehingga, rambut kekurangan nutrisi. 

Menggunakan Cuka Apel

3 Manfaat Kecantikan Tersembunyi dari Cuka Apel
Banyak manfaat kecantikan tersembunyi dari cuka apel. (via: iStock)

Untuk menghilangka build up dari kulit kepala dan juga batang rambut, kamu harus menggunakan sampo khusus. Namun, jika tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam, kamu bisa juga membuat hair rinse dari cuka apel. 

Caranya mudah. Kamu hanya tinggal mencampur 2-4 sdm cuka apel dengan 2 gelas air. Kemudian aduk, dan siram ke kepala sebelum keramas dan melakukan perawatan rambut lainnya. Pijat kulit kepala selama beberapa menit, lalu bilas seperti biasa. 

Masker Rambut

[Bintang] Masker Murah untuk Rambut Makin Berkilau
Masker Murah untuk Rambut Makin Berkilau | via: .onlinenewspoint.com

Cuka apel memang bisa membersihkan kulit kepala dari sisa produk. Namun sayang, cuka apel juga bisa mengikis kutikula dan membuat batang rambutmu menjadi sangat kering. 

Karena itu, setelah menggunakan cuka apel pada kepala, aplikasikan masker rambut kesayanagnmu untuk memberikan hidrasi pada rambut dan kulit kepala. 

Cuka apel ini tidak untuk digunakan setiap hari, ya! Kamu cukup menggunakannya 2 minggu hingga satu bulan sekali. Sehingga, rambut tetap terawat tanpa kering dan rusak akibat kerasnya cuka apel, atau juga karena sisa produk di kepala. Selamat mencoba. 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓