Pengertian Bahan Aktif pada Skin Care Kesayanganmu

Beauty Journal25 Jun 2019, 18:45 WIB
Skincare

Fimela.com, Jakarta Kalau Sahabat Fimela gemar menggunakan dan mencari tahu seputar kandungan skin care, pasti pernah beberapa kali menemukan tulisan "Mengandung Bahan Aktif" pada kemasan skin care. Lalu, apa pernah bertanya-tanya dengan arti sebenarnya dari tulisan tersebut?

Mengingat ada cukup banyak permasalahan kulit yang dapat seseorang alami, maka tak heran jika produk skin care diformulasikan dengan concern yang berbeda. Misalnya, skin care untuk mengatasi masalah jerawat pasti memiliki formula yang berbeda dengan skin care untuk mengatasi masalah kulit kering.

Nah, salah satu kunci utama yang membedakan skin care satu dengan lainnya adalah kandungan bahan aktif di dalamnya. Lantas, sebenarnya apa sih pengertian dari bahan aktif? Dilansir dari The Beauty Brains dan SELF, yuk, cari tahu lebih lanjut seputar bahan aktif di artikel ini!

Apa pengertian bahan aktif?

skincare
Ilustrasi skincare

Pada dasarnya, skin care diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Nah, jika sebuah produk tidak memiliki kandungan bahan aktif di dalamnya, kemungkinan besar produk tersebut tidak dapat bekerja dengan baik. Alasannya? Bahan aktif merupakan kandungan dalam skin care yang berperan dalam memberikan hasil sesuai klaim produk tersebut. Contohnya, saat sebuah produk dikatakan mampu mengatasi masalah jerawat, bahan aktif dalam produk tersebut yang akan bekerja mengatasi masalah tersebut. Penyebutan sebuah kandungan sebagai bahan aktif pun tidak bisa sembarangan. Pasalnya, bahan aktif harus sudah melalui uji lab dan terbukti mampu memberikan perubahan tertentu pada kulit.

Kandungan apa saja yang tergolong sebagai bahan aktif?

Ada banyak jenis bahan aktif yang bisa kamu temukan, baik itu di produk OTC (over the counter) maupun produk dengan resep dokter. Kalau dilihat dari keampuhannya, produk dengan resep dokter tentu lebih efektif karena memiliki kandungan bahan aktif yang lebih tinggi. Namun, jika lebih memilih untuk membeli produk yang tersedia di pasaran, tetapi bingung memilih kandungan bahan aktif yang sesuai dengan permasalahan kulit, berikut adalah beberapa contoh permasalahan kulit yang umum dialami, beserta bahan aktif yang cocok untuk menanganinya:

  • Jerawat: salicylic acid, benzoyl peroxide, azelaic acid, retinoid
  • Tanda-tanda¬†penuaan: vitamin A, vitamin C, vitamin EKulit kering: hyaluronic acid, vitamin E, glycolic acid
  • Hiperpigmentasi: AHA, BHA, vitamin C, kojic acid, retinol

Bahan aktif bisa ditemukan dalam berbagai jenis produk skin care. Mulai dari pembersih wajah, pelembap, hingga serum. Hanya saja, konsentrasi bahan aktif yang terkandungnya akan berbeda-beda.

Baca juga: Agar Mendapatkan Penanganan yang Tepat, Yuk Kenali Perbedaan Antara Sensitive dan Sensitized Skin di Sini!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓