Berikut Tips Merawat Kulit Sensitif yang Perlu Diketahui

Beauty Journal26 Jun 2019, 18:15 WIB
Kulit sensitif

Fimela.com, Jakarta Menangani kulit sensitif dapat menjadi sebuah rutinitas yang tricky. Berbeda dengan kulit normal, kondisi kulit sensitif dapat menunjukkan reaksi yang berlebihan terhadap faktor-faktor tertentu. Reaksi yang muncul pun beragam, mulai dari rasa gatal hingga perih.

Untuk merawat jenis kulit yang satu ini, tentu butuh perawatan kulit khusus yang dapat memperbaiki kondisi kulitmu. Nah, berikut ini adalah beberapa tips merawat kulit sensitif yang perlu kamu ketahui.

Ketahui kandungan skin care yang mampu menenangkan kulit

Salah satu pemicu reaksi kulit sensitif adalah kandungan skin care. Maka itu, pastikan teliti dalam memilih produk dan pastikan produk yang dipilih memiliki kandungan penenang kulit di dalamnya. Beberapa jenis kandungan yang dikenal memiliki efek menenangkan pada kulit adalah teh hijau, chamomile, dan lidah buaya.

Bersihkan kulit dengan oil cleanser

Kegiatan membersihkan wajah, khususnya untuk menghapus makeup, melibatkan banyak gerakan menggosok dan mengusap. Sayangnya, dua gerakan ini dapat membuat kulit sensitif mengalami iritasi. Untuk meminimalisir gesekan antara tangan dan kulit wajah, pilihlah pembersih wajah yang berbahan dasar oil, balm, atau cream. Jika ingin membersihkan wajah menggunakan micellar water dan kapas, pastikan membasahi kapas dengan baik agar tidak kesat di wajah.

Hindari kandungan parfum, essential oil, alkohol dalam skin care

Skincare/mlg
Ilustrasi kulit sensitif/copyright shutterstock

Selain mengetahui kandugan apa yang perlu dicari dalam skin care, kamu juga perlu tahu kandungan apa saja yang perlu dihindari. Parfum, essential oil, dan alkohol adalah beberapa kandungan yang sebaiknya kamu hindari. Parfum, baik itu yang bersifat natural atau tidak, dapat menyebabkan efek sensitized pada kulit, alkohol dapat merusak lapisan pelindung pada kulit, sedangkan essential oil berpotensi mengandung alergen.

Ketahui makanan pemicu kulit sensitif

Selain faktor eksternal, kulit sensitif juga dapat menimbulkan reaksi akibat makanan yang kita konsumsi. Beberapa jenis makanan, khususnya yang bersifat panas dapat menjadi pemicu timbulnya reaksi pada kulit. Selain itu, jenis kandungan makanan yang sering menjadi pemicu alergi, seperti gluten, dairy, telur, dan kacang kedelai, sebaiknya hindari.

Lakukan skin care detox

Detox yang satu ini bukan menggunakan berbagai makanan dan minuman sehat, melainkan dengan mengganti rutinitas skin care kamu. Tren skin care masa kini memang membuat kita excited untuk terus mencoba berbagai produk skin care baru. Sayangnya, menggunakan terlalu banyak produk skin care dapat menyebabkan kulit "kewalahan" dan menimbulkan reaksi negatif. Untuk mencegahnya, istirahatkan kulit kamu dengan menggunakan produk basic saja, seperti cleanser, moisturizer, dan sunscreen.

Menjaga kesehatan kulit sensitif memang perlu dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓