Brand Kecantikan Ini Bantu Pengumpul Sampah dengan Gerakan Ramah Lingkungan

Meita Fajriana26 Jun 2019, 18:00 WIB
Sampah plastik daur ulang yang ramah lingkungan

Fimela.com, Jakarta Gerakan ramah lingkungan kini menjadi fokus semua kalangan. Mulai dari individu, pemerintah, dan perusahaan. Langkah kecil bisa sangat berarti mengantarkan bumi yang lebih baik ke depannya. Planet bumi kini dipenuhi dengan sampah, dan hal ini telah diketahui menjadi polusi di lautan.

Bagaimanapun, kejadian ini terjadi karena andil manusia juga. Lebih dari 3 miliar manusia hidup tanpa manajemen sampah yang layak, itu artinya hampir setengah populasi manusia dibumi. Beberapa dari orang yang paling kekurangan di dunia memilih untuk bertahan hidup dari sampah.

Para pengumpul sampah ini kebanyakan hidup dalam kemiskinan dan bekerja di kondisi yang tidak layak. Namun, hal ini tidak juga mencegah terjadinya pencemaran sampah di sungai dan laut. Inilah yang menjadi alasan The Body Shop meluncurkan program Community Trade recycled plastic pertama, bekerja sama dengan Plastics For Change, Hasiru Dala, dan Hasiru Dala Innovations.

Program Community Trade adalah perdagangan bahan baku yang mengutamakan kelayakan upah dan kondisi tempat bekerja, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, dan terverifikasi secara mandiri. Diluncurkan pada saat World Fair Trade Day, menjadikan program ini sebagai salah satu komitmen untuk menyelesaikan permasalahan sampah agar lebih ramah lingkungan dengan cara yang berbeda.

India memiliki 1,5 juta pengumpul sampah yang mengumpulkan dan menyortir lebih dari 6.000 ton plastik setiap hari, yang kemungkinan akan mencemari sungai dan laut. Kebanyakan pengumpul sampah tidak memiliki visibilitas dan memiliki hak terbatas di masyarakat. Mereka juga rentan terkena diskriminasi, kehidupan yang miskin, kondisi kerja yang tidak layak, dan sistem pembayaran yang tidak menentu.

The Body Shop® telah menggunakan Community Trade recycled plastic pada kemasan haircare ukuran 250ml. Pada tahun 2019, The Body Shop akan membeli 250 ton Community Trade recycled plastic untuk digunakan pada lebih dari 2 miliar kemasan haircare ukuran 250 ml.

Kemasan haircare 250 ml akan terbuatdari 100% plastik daur ulang yang ramah lingkungan, tidak termasuk tutup botol. 15% dari plastik daur ulang tersebut berasal dari Community Trade recycled plastic, dan sisanya berasal dari sumber plastik daur ulang di Eropa. Kedepannya  penggunaan Community Trade recycled plastic akan bertambah.

 

Gerakan ramah lingkungan dari The Body Shop ini bantu para pengumpul sampah

Bekerja sama dengan perusahaan skala kecil dan komunitas pengumpul sampah yang akan memulai pekerjaan baru perlahan tetapi pasti dan berkelanjutan. Dalam waktu 3 tahun, tujuan kami adalah untuk membeli 900 ton Community Trade recycled plastic dan membantu setidaknya 2.500 pengumpul sampah di Bengaluru, India.

 

Sampah plastik daur ulang yang ramah lingkungan
Sampah plastik daur ulang yang ramah lingkungan. (Foto: Dok. The Body Shop)

Manfaat yang akan dirasakan para pengumpul sampah

Mereka akan menerima upah yang layak atas pekerjaannya dan dapat diperkirakan, serta akses untuk kondisi bekerja yang lebih baik. Para pengumpul sampah juga akan mendapatkan akses layanan sosial seperti pendidikan, dukungan keuangan, dan fasilitas kesehatan.

“Sebagai sebuah perusahaan, kami selalu berkeyakinan untuk membela prinsip-prinsip seperti pemberdayaan manusia, terutama perempuan sambil melindungi planet kita. Kerja sama Community Trade ini tidak hanya akan membantu pemungut sampah tetapi juga memberikan nilai lebih bagi plastik agar digunakan secara bertanggung jawab,” kata Lee Mann Global Community Trade Manager The Body Shop seperti rilis yang diterima Fimela, Rabu (26/6).

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓