Manfaat Castor Oil yang Dipercaya untuk Memanjangkan Bulu Mata

Beauty Journal27 Jun 2019, 15:05 WIB
Skincare

Fimela.com, Jakarta Kalau di artikel sebelumnya, saya sempat menjelaskan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan bulu mata. Nah, kali ini ada lagi minyak alami yang bisa membantu memanjangkan bulu matamu. Biasa dikenal dengan sebutan minyak jarak atau castor oil, minyak yang berasal dari serat daun jarak ini disebut mampu membantu pertumbuhan bulu mata melalui nutrisi yang terkandungan di dalamnya. Yuk, ketahui apa saja manfaat dan bagaimana cara menggunakan bahan alami satu ini.

Cara kerja Castor Oil

Castor oil sebenarnya memiliki banyak manfaat tak hanya untuk pertumbuhan bulu mata saja, simak artikel ini untuk melihat apa saja manfaatnya. Selain memiliki sifat antibakteri dan antijamur, castor oil juga diperkaya oleh protein, mineral dan asam lemak seperti asam oleat, linoleat dan asam risinoleat. Nah, kandungan inilah yang menjadi senyawa alami untuk peningkatan tumbuhnya rambut.

Kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dapat mengkondisikan bulu mata dan mencegahnya dari kerontokan. Vitamin E juga membantu memperbaiki kerusakan folikel pada rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Itu sebabnya, castor oil juga bisa digunakan untuk pertumbuhan bulu matamu.Tak sampai disitu saja, castor oil juga diperkaya asam Ricinoleic yang mengandung risinoleat tinggi, asam lemak dan omega-9 yang berfungsi menebalkan bulu mata. Kandungan ini pula yang memicu pertumbuhan mulu mata sehingga rambut dapat terjaga kesehatannya.

Amankah Castor Oil untuk Bulu Mata?

Bulu Mata
Ilustrasi bulu mata/copyright shutterstock

Berbeda dengan produk lainnya yang juga diklaim dapat membantu pertumbuhan rambut, castor oil sendiri memungkinkan tak adanya efek samping karena berasal dari bahan alami. Bahkan ketika minyak ini masuk ke dalam mata, dapat dipastikan tak akan membuat mata iritasi berlebih. kamu hanya harus membilas dengan air jika memang mulai mengganggu mata. Cukup gunakan castor oil secukupnya untuk menghindari kontak langsung dengan mata. Secara keseluruhan, castor oil memiliki bahan yang aman untuk pertumbuhan bulu mata kamu. Nah sekarang, tinggal bagaimana cara mengaplikasikannya. yuk, simak langkahnya di bawah ini.

Cara Menggunakan Castor Oil untuk Bulu Mata

  1. Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu wajah kamu dan pastikan tak ada maskara yang tertinggal pada bulu mata.
  2. Gunakan spoolie yang bersih atau eyeliner brush dan celupkan pada castor oil secukupnya.
  3. Oleskan dengan hati-hati pada lashline bagian atas dan bawah.
  4. Oleskan secara merata hingga semua bagian bulu mata terlapisi castor oil.
  5. Waktu yang tepat menggunakan castor oil pada bulu mata adalah pada malam hari.

Jadi, kamu dapat membiarkannya semalaman, hingga keesokan harinya. Ketika bangun tidur, jangan lupa membersihkan sisa castor oil pada bulu mata dengan makeup remover atau rose water.

Selain itu, kamu juga dapat mencampurkan castor oil dengan minyak zaitun yang kaya akan vitamin A dan E. Keduanya sama-sama bermanfaat bagi pertumbuhan bulu mata karena dapat menyerap dengan baik. kamu dapat mencampurkan dua sendok minyak zaitun dan dua sendok makan castor oil ke dalam botol. Setelah memastikan keduanya tercampur rata, gunakan spoolie untuk mengoleskannya pada bulu mata.Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil maksimal?

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencapai hasil yang maksimal adalah menggunakannya dengan rutin tiap malam. Setidaknya cara ini membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 6 bulan untuk perubahan yang signifikan dalam ketebalan, panjang dan penampilan keseluruhan. Perlu diketahui, castor oil juga bisa kamu gunakan pada bagian alis yang tipis untuk mendapatkan hasil yang sama.

Baca juga: 5 Manfaat Castor Oil untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓