5 Tips agar Makeup tidak Cepat Luncur Saat Berkeringat

Beauty Journal28 Jun 2019, 18:45 WIB
Makeup

ringkasan

  • Selalu lap keringat
  • Semprotkan setting spray pada spons makeup
  • Manfaatkan powder puff untuk touch up
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Selain kulit kering dan kulit berminyak, masih ada satu lagi kondisi yang kerap menjadi masalah namun lebih sering terabaikan, yaitu kulit berkeringat. Keringat di atas bibir, hidung, dahi, dan leher tentu akan membuat tampilan makeup rentan rusak. Nah, jika kamu kerap mengalami masalah tersebut, beauty YouTuber dan makeup artist Wayne Goss telah merangkum beberapa tips andalannya seputar makeup untuk kulit berkeringat. Yuk, simak apa saja tipsnya di sini!

1. Selalu lap keringat

Biasanya, makeup berkeringat rentan rusak karena keringat akan menggeser makeup pada wajah dan membuatnya lebih mudah luntur. Nah, oleh karena itu, sangatlah penting bagi kamu untuk selalu mengelap keringat sebelum membasahi wajah. Saat kamu merasa ada area yang mulai berkeringat, tak usah tunggu lagi, langsung tap-tap lembut dengan tisu untuk menyerap keringat sehingga keringat tak akan membasahi wajah dan merusak makeup.

2. Semprotkan setting spray pada spons makeup

Tips dari Wayne Goss yang satu ini meliputi beberapa tahap. Pertama, Sahabat Fimela perlu menyemprotkan setting spray pada spons makeup yang akan digunakan, lalu tap-tap spons tersebut di area yang rentan berkeringat seperti atas bibir, hidung, dan dahi. Kedua, aplikasikan foundation dan semprotkan setting spray lagi. Ketiga, setfoundation dengan bedak dan terakhir semprotkan setting spray lagi. Walau sedikit ribet, namun jika kulit kamu rentan berkeringat, tips ini patut dicoba, nih!

Baca juga: Telapak Tangan Kerap Berkeringat? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Gunakan bedak sebelum foundation

foundation
Ilustrasi foundation/copyright shutterstock

Selain kerap dipraktikkan untuk aplikasi makeup pada kulit berminyak, tips yang satu ini juga bisa dicoba untuk kulit berkeringat, lho! Alih-alih foundation, dapat mengaplikasikan bedak pada wajah menggunakan spons di area-area yang rentan berkeringat. Setelahnya, baru deh kamu mengaplikasikan foundation dan lanjutnya dengan bedak untuk set makeup. Agar hasil makeup tetap halus, sebaiknya aplikasikan foundation menggunakan spons juga, ya!

4. Gunakan masker wajah

Dalam videonya, Wayne Goss menuturkan bahwa tips lainnya untuk makeup di wajah berkeringat yang bisa dicoba adalah menggunakan sleeping mask dengan manfaat oil absorbing di malam hari dan menghindari menggunakan produk yang terlalu emollient atau melembapkan di pagi harinya. Namun, karena sedikit tricky untuk menemukan sleeping mask dengan manfaat oil absorbing, kamu bisa menggantinya dengan clay mask yang dapat menyerap minyak di malam hari atau pagi harinya sebelum menggunakan makeup untuk meminimalisir produksi minyak.

5. Manfaatkan powder puff untuk touch up

Foundation
Ilustrasi/copyright shutterstock

Apabila memiliki rencana untuk beraktivitas seharian, mungkin tips unik dari Wayne Goss yang satu ini bisa dicoba. Untuk mempraktikkan tips ini, kamu memerlukan powder puff, bukan spons bedak biasa. Triknya, tempelkan powder puff pada kemasan loose powder, lalu balik agar bedak tertuang pada puff. Kemudian, lipat puff menjadi dua dan gosokkan agar bedak 'terserap' ke dalamnya. Nah, tiap kali kamu ingin touch up, yang perlu dilakukan adalah menyentil puff agar bedak yang terserap tadi keluar, lalu bisa tap-tap wajah untuk meratakan makeup kembali, deh! Pssst, agar tas kamu tidak penuh bedak, simpan powder puff dalam tempat tersendiri, ya.

Baca juga: Berguna untuk Mempermudah Touch Up, Ini 5 Produk Makeup yang Wajib Ada di Tas!

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓