Sejumlah Alasan Penyebab Breakout Pada Kulit

Nabila Mecadinisa10 Jul 2019, 06:00 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Saat kulit mengalami breakout tentu itu adalah hal buruk yang dialami setiapa orang. Jerawat tak hanya timbul pada usia pubertas saja, tapi faktanya, jerawat juga bisa muncul pada usia dewasa. Untuk penanganannya juga tidak semudah itu, bahkan adult acne memerlukan bantuan dokter agar dapat teratasi dengan baik dan tepat. Sebelum beralih ke cara penanganannya, tak ada salahnya untuk melihat kembali, apa sih penyebab breakout pada kulit?

1. Diet

Apa yang kamu konsumsi mempunyai pengaruh besar terhadap jerawat. Bahkan sebuah studi menyatakan makanan yang dikonsumsi akan menumpuk di tubuh dan perlahan akan menimbulkan masalah yang akan datang, termasuk pada jerawat.

2. Seberapa cukupkah waktu tidurmu?

Saat tubuh mengalami tidur yang kurang mencukupi, maka akan meningkatkan kadar stres dalam tubuh yang cukup tinggi. Hal ini tentu akan mempengaruhi kulit dan membuatnya jadi lebih mudah breakout dan jadi lebih sensitif.

Penyebab breakout pada kulit

Jerawat
Ilustrasi/copyright shutterstock

3. Stres

Stres juga menjadi penyebab utama dari jerawat yang muncul dan sulit terkendali. Banyak faktor penyebab stres dan terkadang sangat sulit untuk dihindari. Sebagai solusi, olahraga dan melakukan rileksasi sejenak dapat menjadi andalan untuk melepas penat yang jika dibiarkan dapat berubah menjadi stres.

4. Cara merawat kulit yang salah

Menggunakan produk yang tidak sesuai juga dapat menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Jadi pastikan kembali apa jenis kulitmu agar tak terjebak dengan produk perawatan yang saah dan bisa menyebabkan jerawat yang merusak kulit.

5. Sinar matahari

Sinar matahari juga dapat menjadi pemicu timbulnya breakout pada kulit. Pastikaan kembali untuk menggunakan SPF yang dapat memproteksi kulit sehingga meminimalisir kerusakan yang terjadi yang diakibatkan oleh paaparan sinar UV.

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓