Tips Membersihkan Wajah Sesuai Tipe dan Kondisi Kulit

Beauty Journal03 Jul 2019, 10:45 WIB
Cuci Muka

ringkasan

  • Untuk kulit kering, gunakan sabun pencuci wajah yang melembapkan
  • Kulit berminyak selalu lakukan double cleansing menggunakan micellar water dan juga sabun cuci
  • Kulit sensitif produk pembersih wajah yang mengandung alkohol
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Membersihkan wajah menggunakan produk dan kandungan yang tepat sesuai dengan tipe kulitmu sangat penting untuk memastikan wajah bersih dengan maksimal dan terbebas dari berbagai masalah. Tak berhenti pada pemilihan produk yang tepat saja, karena cara dan langkah yang dilakukan saat membersihkan wajah juga sangat mempengaruhi hasil yang bisa dirasakan serta menghindari masalah kulit yang mungkin terjadi. Berikut tips membersihkan wajah sesuai tipe kulit yang dapat dipraktikkan!

Kulit Kering

Bila tidak menggunakan produk yang tepat dan dilakukan dengan cara yang salah, membersihkan wajah yang cenderung kering dapat membuatnya menjadi semakin kering bahkan mengalami iritasi atau kemerahan. Gunakan sabun pembersih wajah yang dapat menjaga kadar kelembapan kulit dan tidak membuat kulit mengalami dehidrasi dengan kandungan seperti ceramides, glycerin, atau hyaluronic acid. Saat mencuci muka, beri pijatan lembut pada kulit wajah dengan gerakan memutar. Selain itu, pemilik kulit kering juga tidak dianjurkan untuk mencuci wajah dengan facial foam terlalu sering untuk mencegah terjadinya iritasi karena kulit kehilangan kelembapannya.

Baca Juga: Kulit Berminyak Berubah Menjadi Kering? Mungkin 5 Faktor Ini yang Jadi Pemicunya

Kulit Berminyak dan Berjerawat

Rajin Bersihin Wajah, Tapi Masih Jerawatan? Ini Dia Kesalahannya
Inilah beberapa alasan yang menyebabkan masalah pada kulit wajahmu, meskipun kamu sudah rajin membersihkannya. (Foto: rd.com)

Bila memiliki kulit yang cenderung berminyak dan rentan berjerawat, membersihkan wajah dengan sabun cuci muka saja tidaklah cukup. Karenanya, selain melakukan double cleansing menggunakan micellar water dan juga sabun cuci muka dengan kandungan yang tepat, kamu yang memiliki kulit berminyak perlu melakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi dengan tepat menggunakan produk yang dikhususkan untuk kulit berminyak dapat membantu membersihkan kulit dengan lebih maksimal dari debu, kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori dan bisa memicu munculnya jerawat atau komedo. Setelah mencuci muka, pastikan kamu mengaplikasikan moisturizer untuk mengendalikan kadar minyak pada wajah.

Baca Juga: 5 Pilihan Cleansing Gel untuk Berbagai Masalah Kulit Berminyak

Kulit Kombinasi

Merawat kulit kombinasi memang memiliki tantangan tersendiri dan tricky, karena di area tertentu wajah bisa sangat berminyak sedangkan area yang lain kondisinya bisa sangat kering. Pastikan untuk memilih pembersih wajah dengan kandungan yang dapat menekan produksi minyak berlebih, tetapi tetap membuat wajah lembap sepanjang hari. Lakukan perawatan secara khusus salah satunya dengan eksfoliasi di area t-zone atau area lain yang lebih berminyak untuk mencegah pori-pori tersumbat akibat kotoran, debu maupun sisa makeup. Setelah membersihkan wajah, sebaiknya gunakan toner yang bebas dari kandungan alkohol yang akan kembali menyeimbangkan kadar pH kulit serta gunakan moisturizer yang ditujukan untuk kulit kombinasi.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Pembersih Wajah untuk Kulit Kombinasi

Mature Skin

Perawatan kulit
Ilustrasi perawatan kulit/copyright shutterstock

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis dan sensitif sehingga harus dirawat dengan benar agar tidak mengalami masalah. Untuk membersihkan wajah, gunakan produk dengan kandungan anti-aging yang ramah untuk mature skin dan hindari menggosok wajah terlalu keras saat membersihkan wajah. Selain itu, mature skin juga membutuhkan eksfoliasi untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Hindari physical exfoliant dengan butiran scrub yang terlalu kasar untuk menghindari kulit iritasi.

Baca Juga: Hati-Hati! Kesalahan Mencuci Wajah Berikut Dapat Menyebabkan Kulitmu Cepat Menua!

Kulit Sensitif

Selain menghindari produk pembersih wajah yang mengandung alkohol dan fragrance yang dapat memicu timbulnya iritasi, pemilik kulit sensitif juga harus memperhatikan cara yang tepat dalam membersihkan wajah. Gunakan sabun muka dengan kandungan yang aman untuk kulit dan menawarkan klaim untuk soothing serta menenangkan kulit yang mengalami iritasi atau kemerahan seperti chamomile atau calendula extract. Hindari menggunakan terlalu banyak produk skin care yang nantinya akan membuat kulit menjadi mudah bermasalah. Kuncinya, make it simple!

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

#Growfearless with FIMELA  

Lanjutkan Membaca ↓