4 Tips Merawat Rambut Tanpa Lepek Karena Keringat di Musim Panas

Karla Farhana08 Jul 2019, 06:30 WIB
Efek tidak keramas setiap hari

Fimela.com, Jakarta Musim panas memang waktunya untuk mantai! Tetapi di saat yang bersamaan, penampilanmu tidak akan begitu bagus di foto ketika matahari sudah berada di puncaknya. Pasalnya, summer yang menyenangkan ternyata juga bisa bad mood akibat rambut lepek kena keringat. 

Padahal, kamu sudah susah payah menyiapkan summer hair style untuk stock foto-foto di pinggir pantai yang super Instagrammable. Selain tatanan rambut yang chic bakal hancur, rambut yang terkena sinar matahari terlalu lama dan terpapar humidity juga akan membuat rambut menjadi kusut dan lemas. 

Menurut hairstylist Devin Toth dari Salon SCK di NYC, Amerika Serikat, rambut lepek karena keringat itu bukan takdir. Karena, katanya kepada Pop Sugar, kamu sebenarnya bisa merawat dan menata rambut agar tidak lepek meskipun keringat bercucuran. 

Tanpa Silikon

Ilustrasi rambut
Ilustrasi rambut. Sumber foto: pexels.com/Garon Piceli.

Toth mengatakan, ketika cuaca sangat panas dan humidity tinggi, tubuh akan mengeluarkan keringat. Nah, produk kecantikan, termasuk untuk rambut, banyak menggunakan humectants atau silikon di dalamnya. 

Silikon inilah yang memecah rambutmu dan akhirnya menjadi berminyak, lepek, dan limpy. Jadi, pilih sampo dan kondisioner tanpa silikon. 

Beberapa tetes minyak rambut

Banyak orang berpikir, minyak akan membuat rambut menjadi lepek dan terkesan basah. Namun, kalau kamu menggunakannya hanya beberapa tetes dan fokus pada ujung-ujung rambut, tidak akan terlihat lepek. 

Lagi pula, minyak rambut menurut Toth juga dapat menghaluskan dan menurtrisi rambut. Sehingga, kelembapan rambut terjaga tetap normal meskipun cuaca super panas. 

Dry Shampoo

Biar Optimal, Begini Cara Pakai Dry Shampoo yang Benar!
Pakai dry shampoo bisa sia-sia jika cara pengaplikasiannya salah, lho. (Foto: pexels.com)

Dry shampoo akan selamanya menjadi penyelamat sekaligus sahabat selama kamu traveling. Karena, dry shampoo mampu membuat kulit kepala yang mengeluarkan keringat dan minyak berlebih akan berkurang. 

Lindungi Rambut

Saat berada di luar, apa lagi di pantai, paparan sinar matahari pagi memang sangat baik untuk kesehatan. Karenanya, tidak akan masalah kalau kamu berjemur hingga pukul 9 pagi. 

Namun, terik matahari di atas pukul 9 pagi itu tidak lagi baik untuk tubuh. Karena itu, jangan lupa untuk melindungi rambut dengan topi, atau juga scarf. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓