Manfaat Daun Pegagan untuk Kulit Wajah Berjerawat

Karla Farhana09 Jul 2019, 06:00 WIB
Kulit Wajah

ringkasan

  • Daun pegagan bukan hanya baik untuk keshatan tubuh dan menjadi tanaman obat.
  • Daun pegagang juga mengandung anti inflamasi dan anti bakteri yang dipercaya baik untuk mengobati jerawat.
  • Kini sudah mulai banyak produk skincare yang menggunakan saripati daun pegagan.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bagi para pecinta skincarekandungan Centella Asiatica pasti sudah tidak asing lagi. Kandungan ini banyak ditemukan di berbagai produk skincare, terutama untuk wajah. Jadi, Centella Asiatica ini merupakan sebuah jenis tanaman. 

Di Indonesia, banyak yang menyebutnya sebagai gotu kola. Atau juga daun pegagan. Biasanya, di Indonesia juga, daun ini dimakan sebagai lalapan. Selain nikmat, daun ini juga banyak khasiatnya untuk kesehatan. 

Seperti melancarkan peredaran darah. Selain itu, tulis Self.com, daun ini juga berkhasiat membantu menyembuhkan TBC dan meningkatkan kesehatan mental. Namun untuk kecatikan, daun yang pada awalnya hanya ada di Cina ini juga memiliki manfaat, seperti mengatasi jerawat

 

Manfaat Daun Pegagan untuk Kulit

Daun pegagan untuk atasi jerawat.
(Sumber Shutterstock.com)

Assistant professor di department of dermatology, NYU Langone Health Evan Rieder, M.D. mengatakan kepada Self.com kalau daun ini memiliki efek yang bisa menenangkan kulit dengan inflamasi. 

Selain itu, daun ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membuat kulitmu lebih glowing, dan sehat. Bukan hanya itu, daun pegagan juga dapat menghidrasi kulit dan menyembuhkan jerawat. Pasalnya, daun ini juga merupakan anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat membantu meredakan radang pada jerawatmu. 

Jangan Sembarangan Pakai

Batu Pegagan
Batu pegagan. (Foto: http://www.motherearthliving.com/)

Meskipun sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan daun ini untuk membuat krim wajah atau obat jerawat, kamu tetap saja tidak boleh gegabah. 

Karena, biar bagaimana pun, tulis Style Craze, kamu sebaiknya tidak menggunakan krim wajah sembarangan. Apa lagi, daun ini menurut Self.com, agak keras untuk kulit sensitif. 

Sehingga, lebih baik kamu melakukan patch test sebelum menggunakannya untuk seluruh kulit wajah. Meskipun kamu berjerawat dan melihat banyak review bagus pada produk mengandung daun pegagan ini. Jika cocok, kamu bisa meneruskannya. Jika tidak, hentikan penggunaan dan berkonsultasilah dengan dokter. 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓