Rambut Panjang Bebas Rontok, Begini Tipsnya!

fitriandiani22 Jul 2019, 17:30 WIB
Ikat rambut

Fimela.com, Jakarta Rambut panjang identik dengan kepribadian feminin. Beberapa orang mempertahankannya karena rambut panjang seakan telah menjadi 'identitas' dari dirinya. Sayang, rambut panjang juga berisiko rapuh dan mudah rontok.

Memang butuh perawatan ekstra agar si rambut panjang ini tetap sehat terjaga. Meski berat, bukan berarti kamu tidak bisa punya rambut panjang yang sehat!

Ikuti sederet tips menjaga rambut panjang agar bebas dari rapuh dan rontok di bawah ini, yuk!

Jangan Keramas Pakai Air Hangat

Tidak disarankan untuk mencuci rambut dengan air hangat karena ini akan mengikis minyak alami yang menjaga rambut dari kerapuhan.

 

 

 

Jangan Sering Keramas

Rambut Keriting Alami dengan Menggunakan Jepit Jemuran, Bagaimana Bisa?
Ilustrasi rambut keriting. (unsplash.com)

Tujuan dari keramas adalah untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran serta minyak yang berlebih. Idealnya keramas dilakukan dua hari sekali, jika lebih sering dari itu yang ada bukan kotoran dan minyak berlebih yang buat rambut lepek saja yang hilang; tapi juga kelembapan alami dan nutrisi yang memperkuat rambut hingga menyebabkan rambut rapuh.

Rajin Trim Rambut

Memang rambut yang terlalu panjang lebih rapuh dan mudah bercabang, karena itu kamu harus rajin mengguntingnya setiap sebulan sekali untuk menghindari kerusakan lebih parah.

Pakai conditioner

Sering keramas
Sering keramas/copyright shutterstock

Kunci utama rambut yang kuat adalah kelembapan yang terjaga. Untuk itu, pastikan kamu pakai conditioner setiap habis keramas. Sempatkan juga untuk merawatnya dengan hair mask dan treatment lain agar rambutmu tetap sehat.

Sisir

Jangan kira semua sisir sama aja. Faktanya, ada sisir yang memberi efek bagus pada rambut dan ada pula yang bisa merusaknya, lho. Disarankan untuk memilih sisir dan sikat rambut berbahan fiber atau serat agar rambutmu tidak rusak.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓