Kata Ahli Seputar Mengaplikasikan After Sun Setelah Kulit Terbakar Matahari

Vinsensia Dianawanti21 Jul 2019, 15:00 WIB
Ilustrasi kulit terbakar

ringkasan

  • Mengaplikasikan After Sun setelah kulit terbakar bisa meredakan kulit yang meradang
  • Namun, daripada menggunakan After Sun, para ahli menyarankan untuk menggunakan gel lidah buaya
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Efek kulit terbakar matahari menyisakan rasa sakit dan panas yang menyiksa. Terlebih musim panas yang masih berlangsung membuat kulit lebih rentan terhadap paparan sinar matahari yang berbeda.

Merawat kulit terbakar matahari berlebihan memang penting dilakukan karena akan mengakibatkan kerusakan jangka panjang. Salah satu tindakan pertama yang bisa dilakukan adalah mengaplikasikan produk After Sun yang biasanya berupa gel pendingin.

Umumnya, produk After Sun ditujukan untuk meredakan suhu panas yang menerpa kulit sehingga mengurangi risiko kerusakan. Namun, melansir dari Independent, para ahli menyebut bahwa justru dengan mengaplikasikan After Sun justru membuat kulit semakin berbahaya jika tidak memperhatikan kandungan bahannya.

Itu sebabnya, akan lebih baik jika mengaplikasikan gel lidah buaya daripada produk After Sun. Formula pada produk After Sun cenderung memiliki konsistensi yang kaya dan tebal dengan kandungan minyak. Sehingga menciptakan penghalang emolien di atas kulit yang terperangkap dalam panas di lapisan atas epidermis dan memperburuk peradangan.

 

Lebih baik gunakan gel lidah budaya daripada produk After Sun

[Fimela] Ilustrasi Kulit Terbakar Matahari
Ilustrasi kulit belang terbakar matahari | unsplash.com

Karena dijual bebas, bukan tidak mungkin jika produk After Sun mengandung bahan kimia atau pewangi yang akan semakin mengiritasi kulit yang rusak. Sebagai gantinya, lidah buaya bisa dipilih untuk memperbaiki kondisi kulit.

Lidah buaya memiliki formula gel dengan efek pendingin yang langsung menyerap ke kulit. Sementara, krim yang lebih tebal dirancang untuk mengunci kelembapan bisa memerangkap panas di dalam kulit. Membuat kulit terasa lebih dingin.

Menurut direktur medis CosmedicsUK dan GP, aloe vera adalah obat herbal tradisional yang diyakini dapat mengurangi gejala terbakar sinar matahari. Sejauh ini, memang belum ada penelitian mendalam soal efek After Sun yang membuat kulit semakin rusak. Namun yang pasti, lidah buaya sudah dikenal dengan efek pendinginnya yang bisa membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Lidah buaya memiliki sifat pendinginan, penyembuhan, dna antiseptik luar biasa. Sehingga akan mampu mengalahkan produk After Sun untuk penggunaan harian. Menggunakan After Sun akan sangat bermanfaat jika mengetahui dengan pasti soal kandungan dan bahan yang lembut dan alami.

Lanjutkan Membaca ↓