Mengenal Reusable Cotton Pads dan Cara Penggunaannya

Beauty Journal08 Jul 2019, 10:25 WIB
Kapas Reusable

ringkasan

  • Alternatif untuk lebih ramah lingkungan
  • Lebih murah dibanding kapas biasa
  • Mudah perawatannya
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Setelah beraktivitas seharian di luar rumah, apa produk kecantikan pertama yang akan dicari? Bukan moisturizer, bukan serum, melainkan kapas! Yup, produk kecil yang satu ini kerap digunakan sebagai pasangan makeup remover dan micellar water untuk membersihkan makeup.Nah, bicara soal kapas, mungkin tak sedikit darimu yang sudah sering mendengar mengenai alternatif dari kapas yang dijual di pasaran, yaitu reusable cotton pads alias kapas yang dapat digunakan kembali. Untuk apa sih kapas ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Alternatif yang Lebih Ramah Lingkungan

Kecuali kalau kamu selalu menggunakan cleansing oil/cleansing balm, pasti kamu menggunakan paling tidak 1 lembar kapas per harinya untuk membersihkan wajah. Sedikit? Tidak juga kalau ditotal per tahun, dengan tambahan kapas yang kamu gunakan untuk merapikan eyeliner yang luntur, menghapus makeup tebal, dan masih banyak lagi.

Sedikt demi sedikit, kapas (plus kemasannya dan plastik dari toko tempatmu membeli kapas) dapat berkontribusi pada menumpuknya sampah. Nah, sebagai langkah untuk mengurangi sampah, hadirlah reusable cotton pads sebagai alternatif kapas sekali pakai.

Baca juga: Tertarik Menjalani Gaya Hidup Zero-Waste? Ini Beragam Langkah Sederhana yang Bisa Dilakukan

Serba-serbi Reusable Cotton Pads

Kapas Kain Pakai Ulang
Bagian dalam kapas kain pakai ulang (dok. Instagram @lovenatural.id/https://www.instagram.com/p/Bvf-w9PgmML/Fairuz Fildzah)

Jadi, apa sih reusable cotton pads itu? Reusable cotton pads adalah kapas dalam bentuk kain, sehingga dapat digunakan berkali-kali. Kapas kain ini dibuat sedemikian rupa agar lembut di wajah, walau terkadang ada pula yang sengaja mendesain reusable cotton pads dengan 2 sisi, satu sisi lembut dan satu sisi bertekstur untuk eksfoliasi. Selain itu, ada pula yang mendesain satu sisi lembut untuk muka dan satu sisi lainnya dengan motif menarik.

Uniknya sebagian besar reusable cotton pads dari brand lokal yang saya tahu dibuat dengan diameter 6-7cm, sehingga ukurannya cukup besar dan satu kapas saja sudah cukup untuk seluruh muka, bisa dilihat perbandingan ukurannya dari foto di atas, kan?

Penggunaan dan Perawatan Reusable Cotton Pads

Nah, pertanyaan selanjutnya, apakah reusable cotton pads aman? Bagaimana dengan sisa makeup dan kotoran yang menempel? Dilansir dari Well + Good, dermatolog Joshua Zeichner menyatakan bahwa penggunaan reusable cotton pads dinilai aman, dengan catatan perlu sering membersihkannya.

Zeichner menekankan, bukan sekedar membersihkannya sesekali sebagaimana kamu membersihkan spons dan kuas makeup, tetapi benar-benar membersihkannya setiap hari. Apalagi, kamu akan membersihkan makeup yang notabene mudah meninggalkan noda pada kain, semakin lama kamu menunda mencucinya, semakin sulit pula noda tersebut dibersihkan.

Cara membersihkan reusable cotton pads:

  • Sebelum digunakan untuk pertama kalinya, cuci reusable cotton pads terlebih dahulu atau rendam di air panas.
  • Setelah digunakan, reusable cotton pads dicuci menggunakan tangan dan sabun bayi dengan gerakan memijat kapas hingga bersih dari kotoran.
  • Kamu juga bisa mencucinya dengan mesin cuci. Untuk menghindari serat kapas terurai, gunakan kantung cucian sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, lalu gunakan sedikit saja deterjen.
  • Walau dapat dicuci hingga bersih, reusable cotton pads tetap akan terurai, bernoda, dan 'melar' seiring berjalannya waktu, sehingga fungsinya tak akan maksimal. Oleh karena itu, reusable cotton pads disarankan untuk digunakan selama 3-4 bulan saja.

Apakah Menggunakan Reusable Cotton Pads Lebih Hemat?

Kapas Kain Pakai Ulang
Kapas kain pakai ulang (dok. Instagram @lovenatural.id/https://www.instagram.com/p/Bvf-w9PgmML/Fairuz Fildzah)

Coba saya hitung secara simpel, ya. Anggaplah dalam satu bulan kamu menggunakan satu pak kapas dengan harga Rp11.000. Maka, dalam setahun kamu menghabiskan Rp132.000 (11.000 x 12) untuk kapas.Satu buah reusable cotton pads dibanderol dengan harga Rp7.500 dan dapat digunakan selama 3-4 bulan. Jadi, dalam setahun kamu menghabiskan Rp30.000 (7.500 x 4) untuk reusable cotton pads.Kapas biasa: Rp132.000/tahunReusable cotton pads: Rp30.000/tahunUang yang dihemat: Rp78.000

Uang yang dihemat mungkin tak begitu sebanding dengan effort yang perlu dikerahkan untuk rutin mencuci reusable cotton pads. Plus, bisa saja kamu lebih hemat menggunakan kapas (misal: 1 pak untuk 3 bulan), namun mengingat kontribusi yang dapat kamu berikan bagi lingkungan, sepertinya persoalan harga ini dapat menjadi poin plus, lho!

Baca juga: Peduli Lingkungan, 7 Brand Kecantikan Ini Lakukan Daur Ulang Kemasan

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓