6 Cara Melindungi Kulit Wajah dari Polusi Udara

Anisha Saktian Putri23 Jul 2019, 07:00 WIB
Kulit Wajah

ringkasan

  • Menggunakan pelembap mengandung antioksidan dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.
  • Asap rokok menyebabkan penuaan dini yang menimbulkan kulit keriput
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tingkat polusi di Jakarta, lebih tinggi dibandingkan Singapura dan Bangkok. Hal ini dituliskan dalam akun Instagram @lapan_ri yang menyatakan bahwa polusi udara pagi pada 9 Juli 2019 pukul 08:00 WIB, nampak sebaran partikel padat di udara ukuran di bawah 2.5 dan 10 kilogram.

Hal tersebut menyatakan bahwa Jakarta cukup berpolusi sekitar 180 mikrogram per meter kubik. Dampak polusi udara tentu sangat merugikan kulit wajah kita.

Ruam, jerawat, eksim, kulit kering, bintik hitam dan penuaan dini menjadi masalah yang bisa terjadi ketika wajah terpapar polusi. Untuk itu, ada beberapa perawatan wajah yang bisa dilakukan agar wajah tetap sehat.

1. Antioksidan dan tabir surya

Menggunakan pelembap mengandung antioksidan dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Pelembap antioksidan juga sangat kaya akan vitamin A,E, dan C yang membantu menghalau polusi,

Tabir surya pun menjadi hal penting yang harus digunakan agar kulit melindungi kulit wajah dari sinar matahari.

2. Memberishkan wajah

Pastikan Wajah Bersih dan Bebas Minyak
Pastikan Wajah Bersih dan Bebas Minyak

Jangan pernah lupa untuk membersihkan wajah agar polusi atau partikel kotoran bisa hilang di wajah.

3. Eksfoliasi kulit

Mengelupas kulit sekali dalam tiga hari, sehingga partikel kotoran yang menumpuk di wajah akan hilang dengan mudah. Gunakan scrub yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pengelupasan juga dapat memproduksi kolagen, sehingga kulit sempurna.

4. Menutupi wajah

kesehatan
ilustrasi perempuan menggunakan masker/copyright Shutterstock

Saat berpergian, sebaiknya menggunakan masker penutup wajah, syal dan kacamata.

5. Gunakan clay mask

Menggunakan clay mask dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan mengelurakan unsur-unsur beracun dari wajah. Pastikan gunakan masker ini secara berulang, agar tidak membuat kulit kering.

6. Hindari rokok

Asap rokok menyebabkan penuaan dini yang menimbulkan kulit keriput. Sebab rokok dapat menghancurkan elastisitas dan kolagen pada wajah, untuk itu hindari asap rokok agar kulit tetap sehat.

Lanjutkan Membaca ↓