Rambut Mudah Lepek, Apa Penyebabnya?

fitriandiani17 Jul 2019, 12:30 WIB
Ilustrasi ketombe

Fimela.com, Jakarta Rambut memang memiliki minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan dan menyehatkan. Tapi minyak tersebut juga harus dibersihkan secara berkala dengan keramas, karena terlalu banyak minyak di rambut akan membuatnya terlihat lepek dan tak sedap dipandang.

Kalau sudah keramas dengan rutin tapi tetap lepek, bagaimana?

Selain karena minyak alaminya, rambut yang mudah lepek juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini;

1. Terlalu sering keramas

Keramas tidak perlu dilakukan setiap hari atau setiap kali mandi, sebab jika dilakukan terlalu sering kamu malah akan memicu lebih banyak produksi minyak di rambut dan hal ini menyebabkan rambutmu selalu terlihat lepek. Dua sampai tiga kali dalam seminggu sudah cukup, kok.

2. Sering menyentuh rambut

Perawatan Rambut
Ilustrasi Perawatan Rambut/copyright shutterstock

Kebiasaan menyentuh rambut dapat memindahkan minyak, kotoran, dan partikel lainnya dari jari-jari ke rambut. Akibatnya rambut jadi mudah kotor.

3. Sisir kotor

Kotoran dari luar memang amat riskan menempel di rambut, selain dari jari, sumber kotoran lainnya yang membuat rambut lepek adalah sisir. Di sisir, sisa minyak, produk rambut, kotoran, dan semacamnya mungkin menempel jadi satu. Bayangkan saja kalau sisir itu kemudian kamu pakai, tentu saja kotorannya akan berpindah ke rambutmu, kan?

4. Sisa sampo dan kondisioner

Rambut
Ilustrasi Perawatan Rambut/copyright shutterstock

Sampo dan kondisioner yang tidak dibilas dengan bersih akan membuat rambutmu terlihat lepek, serta dapat menarik kotoran dengan mudah. So, tiap kali habis keramas dan pakai kondisioner, pastikan kamu membilasnya sampai bersih, ya!

Perhatikan keempat hal di atas tadi agar rambutmu tidak mudah lepek dan berminyak.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓