5 Tips Cegah Rambut Rusak Akibat Alat Styling

fitriandiani16 Jul 2019, 07:00 WIB
Rambut

Fimela.com, Jakarta Menata rambut dengan alat styling seakan telah menjadi aktivitas tak terpisahkan dalam keseharian para perempuan. Pasalnya, tatanan rambut dengan alat styling dipastikan dapat menunjang penampilan selama beraktivitas seharian.

Sayangnya keuntungan yang dibawa alat styling rambut tersebut harus dinikmati satu paket dengan risiko kerusakan pada rambut itu sendiri. Paparan panas langsung terhadap rambut setiap hari lama kelamaan akan menyebabkan rambut rapuh, kering, dan bercabang.

Lantas, bagaimana caranya agar tetap menata rambut menggunakan alat styling, namun tidak membuatnya rusak? Berikut tipsnya.

1. Invest pada alat styling yang berkualitas

Catokan/mlg
Ilustrasi mencatok rambut/copyright shutterstock

Ada harga, ada kualitas. Jangan asal pilih alat yang murah, apalagi kalau kamu tahu rambutmu akan bergantung pada alat tersebut tiap hari. Bahan dan suhu akan amat mempengaruhi, coba observasi dulu dan baca review sebelum kamu memutuskan membelinya.

2. Gunakan produk perlindungan

Kamu bisa cari produk rambut yang mengandung silicon, agar dapat melapisi rambut dari panas alat styling tersebut. Jadi, rambutmu tidak langsung terkena panasnya hingga kerusakan pun bisa diminimalisir.

3. Perhatikan waktu

Untuk setiap bagian, panaskan rambut dalam kurun waktu maksimal 4 detik. Lebih dari itu kamu akan merusak rambutmu, lho!

4. Trimming

Ikat rambut
Ilustrasi ikat rambut/copyright shutterstock

Rajin merapikan ujung rambut juga penting kalau kamu tergolong rutin menggunakan alat styling. Ujung rambutmu mungkin akan rusak paling dulu akibat alat styling itu, dengan mengguntingnya, kerusakan di ujung rambut tidak akan bertambah parah.

5. Perawatan

Seimbangkan penggunaan alat styling setiap hari dengan perawatan rutin. Creambath, hairmask, conditioner, moisturizer, atau hair serum; gunakan apapun untuk menjaga rambutmu tetap sehat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓