Penting Diketahui, Inilah Penyebab Kulit Wajah Berminyak

fitriandiani16 Jul 2019, 11:30 WIB
Seimbangkan kadar minyak pada kulit

Fimela.com, Jakarta Idealnya kulit wajah seseorang berada pada kondisi yang lembap dan tidak terlalu berminyak. Kulit yang berminyak akan cenderung lebih mudah berjerawat, terutama bisa tidak dijaga kebersihannya.

Kulit berminyak juga dapat memberikan perasaan tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk menggunakan makeup pun, kulit berminyak ini tricky sekali! Harus benar-benar pakai rangkaian makeup yang mampu menahan kelebihan minyak di wajah agar penampilannya terus terjaga.

Sayangnya, beragam faktor bisa memengaruhi dan membuat kulit cenderung berminyak. Ketahui penyababnya agar kamu lebih mudah mengatasinya, yuk.

 

 

3 Faktor Penyebab Kulit Berminyak

Wajah
Ilustrasi wajah/kecantikan/kulit. (Foto: shutterstock.com)

1. Hormon

Tentu saja hormon memegang peranan penting dalam kondisi kulit, termasuk pada kulit berminyak. Hormon yang bertanggung jawab dalam kasus satu ini adalah hormon DHT (dihidrotestosteron), yang apabila jumlahnya di atas normal dapat memicu kelenjar minyak untuk produksi berlebih.

2. Cuaca

Kondisi cuaca di tempatmu tinggal dapat mempengaruhi kadar minyak di wajah. Untuk wilayah yang kelembapannya tinggi, biasanya kulit cenderung lebih berminyak.

3. Stres

Produksi minyak berlebih dapat dipicu oleh hormon andorgen yang meningkat jumlahnya saat sedang stres. Agar tidak berlanjut pada masalah kulit lainnya, stres ini memang harus segera diatasi.

Kira-kira, alasan mana yang membuat kulit wajahmu berminyak, Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓