Ciri-Ciri Sunscreen Kedaluwarsa

fitriandiani22 Jul 2019, 20:00 WIB
Sunscreen

Fimela.com, Jakarta Setiap jenis produk makeup maupun skincare pasti memiliki masa kedaluwarsa, tak terkecuali sunscreen. Mungkin kedaluwarsa produk sunscreen ini termasuk yang sering terabaikan, karena jarang terlihat di kemasan juga.

Umumnya sunscreen dapat berfungsi efektif selama 3 tahun setelah pertama kali kemasan dibuka. Lewat dari itu, efektivitas bahan-bahan yang terkandung dalam sunscreen akan mulai berkurang.

Bahan-bahan dalam sunscreen yang mulai kehilangan kemampuannya setelah mencapai batas kadarluwaasa. Hal itu bisa menyebabkan alergi dan iritasi jika tetap diaplikasikan ke kulit. Sebab, jamur dan bakteri akan mudah berkembang biak. Karena itu, perhatikan umur sunscreen-mu baik-baik.

 

Cara Mengecek Sunscreen Sudah Kedaluwarsa atau Belum

[Fimela] Sunscreen
Ilustrasi Sunscreen | unsplash.com

Selain tanggal kedaluwarsa di kemasan, kamu juga bisa perhatikan sunscreen dari bau dan teksturnya.

Coba kenali aroma dulu sunscreenmu sebelum diaplikasikan ke seluruh kulit. Jika ada bau yang tak biasa, di luar bau aslinya, dan kamu merasa sudah menyimpan itu dalam waktu lama, buang saja.

Cek juga teksturnya. Sunscreen yang sudah expired akan cenderung cair dan susah melekat di kulit karena konsistensinya mulai menurun sehingga jadi lebih cair.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓