Ragam Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengolah Sampah Kosmetik

Beauty Journal17 Jul 2019, 13:20 WIB
botol skincare

ringkasan

  • Jadikan sebagai wadah travel size
  • Jadikan untuk wadah skin care DIY
  • Sumbangkan ke tempat penampungan yang tepat
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Coba lihat meja rias kamu. Mulai dari wadah makeup, skincare, hingga body care, hampir semuanya memiliki kemasan yang terbuat dari bahan plastik. Hadir dalam kemasan yang memiliki beberapa bagian, membuat sampah kosmetik tergolong sulit untuk didaur ulang. Akibatnya, industri kosmetik menjadi salah satu industri yang menyumbang limbah terbanyak ke lingkungan. Selain menjadi tanggung jawab produsen, kita sebagai pengguna kosmetik sebaiknya turut menjaga lingkungan dari sampah kosmetik. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beragam cara yang bisa kamu di rumah.

Jadikan sebagai wadah travel size

Membawa produk skin care yang memiliki ukuran jumbo saat bepergian memang terasa merepotkan. Belum lagi jika kamu bepergian menggunakan pesawat, ada batasan ukuran cairan yang boleh di bawa masuk. Alih-alih membeli produk baru dengan travel size, kamu bisa memanfaatkan botol produk bekas yang memiliki ukuran kecil. Sebelum memindahkan isi produk ke dalam botol bekas, pastikan kamu sudah mencucinya menggunakan sabun dan air hangat, lalu biarkan hingga mengering.

Gunakan sebagai pot tanaman

Pot tanaman
Ilustrasi pot tanaman dari botol bekas/copyright shutterstock

Nah, salah satu cara menarik untuk mengolah sampah kosmetik adalah dengan menjadikannya sebagai pot tanaman. Sahabat Fimela bisa memilih tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan dan cocok disimpat di dalam ruangan, seperti succulents atau kaktus. Sebelum menggunakan ulang jar kosmetik sebagai pot tanaman, pastikan kamu telah mencucinya hingga tidak ada residu yang tertinggal, ya!

Baca juga: Rekomendasi Alternatif Kapas yang Lebih Ramah Lingkungan untuk Membersihkan Wajah

Jadikan untuk wadah skin care DIY

Selain dapat digunakan sebagai wadah travel size, kamu juga bisa menggunakan botol dan jar bekas untuk menyimpan hasil skin care DIY. Namun, pastikan kamu memilih botol yang kondisinya masih bagus, ya! Untuk jar berukuran kecil, bisa kamu gunakan sebagai wadah DIY scrub, sedangkan jar yang berukuran besar bisa digunakan sebagai wadah pre-soaked toner pad.

Sumbangkan ke tempat penampungan yang tepat

Tak masalah jika kamu ingin membuang sampah kosmetik yang dimiliki. Namun, pastikan untuk membuangnya dengan bertanggung jawab, ya! Bersihkan bagian dalam botol menggunakan air untuk mempermudah proses daur ulang. Selain itu, lepaskan juga label yang masih menempel pada kemasan produk. Setelah kemasan kosmetik bersih, kamu bisa menyumbangkan botol-botol ini ke tempat penampungan sampah plastik.

Baca juga: 5 Pilihan Produk Kecantikan Eco-Friendly yang Perlu Dicoba

Kembalikan ke brand

Zaman sekarang, sudah banyak brand yang memiliki program daur ulang. Menariknya lagi, program ini juga dilengkapi dengan sistem reward untuk konsumen yang mengikutinya. Beberapa contoh brand yang menjalankan program ini adalah Innisfree, The Body Shop, dan Sensatia Botanicals. Bagi kamu yang berlangganan produk dari brand-brand tersebut, yuk dukung usaha mereka dalam menjaga lingkungan!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓