Mudah dan Sederhana, Jaga Bibir Tetap Lembap di Tengah Perubahan Cuaca

Vinsensia Dianawanti17 Jul 2019, 18:00 WIB
Bibir Kering

Fimela.com, Jakarta Cuaca yang terus berubah secara drastis bukan hanya berdampak bagi kesehatan tubuh. Melainkan juga penampilan kulit. Bibir menjadi salah satu fitur di wajah yang rentan terlebih dahulu terkena dampaknya.

Biasanya, bibir cenderung lebih mudah kering karena kelembapan udara yang tidak stabil. Tampilan bibir pun menjadi pecah-pecah sehingga sulit ketika diaplikasikan lipstik.

Melansir dari Self, kamu tetap harus menjaga bibir agar tetap lembap. Tak perlu ribet, kamu bisa melakukannya dengan cara yang sederhana. Bagaimana caranya?

1. Minum air putih

Baik di cuaca dingin maupun panas, tubuh tetap membutuhkan hidrasi yang cukup sehingga kelembapan tubuh tetap terjaga. Beberapa dermatologis menyarankan untuk minum dua gelas sebelum makan. Diusahakan untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Kafein bersifat diuretik yang mendorong cairan keluar dari tubuh.

2. Gunakan pelembap ketika tidur

Sel kulit memang memiliki pelembap alami yang menjaga elastisitas kulit dan mencegah bibir pecah. Namun ketika cuaca berubah drastis, kelembapan udara pun ikut berubah yang mempengaruhi kelembapan bibir. Terutama ketika di malam hari yang memiliki suhu lebih rendah, disarankan untuk mengaplikasikan pelembap sebelum tidur.

3. Cari produk bibir yang melembapkan

Ada banyak kandungan alami yang berfungsi untuk melembapkan bibir. Beberapa bahan seperti beeswax, shea butter, moringa oil, dan petroleum jelly menjadi bahan pelembap terbaik untuk bibir.

 

Cara menjaga bibir tetap lembap di cuaca ekstrem

Ilustrasi bibir kering
Ilustrasi bibir kering. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

4. Eksfoliasi bibir dengan scrub gula

Bibir kering berpotensi menimbulkan pecah-pecah. Pecahan kulit yang muncul bibir menimbulkan rasa gatal untuk mengigit atau mengupas kulit tersebut. Hal tersebut sangat tidak disarankan untuk dilakukan. Lebih baik gunakan scrub gula merah dan minyak kelapa untuk menghilangkan kulit mati di bibir.

5. Gunakan lipstik cream

Lipstik dengan tekstur matte memang sedang naik daun. Namun di tengah cuaca yang terus berubah ini, lebih baik simpan dulu matte lipstick-mu. Ganti dengan lipstik dengan formula yang lebih creamy dengan kandungan bahan yang melembapkan. Sehingga bisa menutrisi kulit yang kering.

7. Jangan menjilat bibir berlebihan

Ketika bibir terasa kering, menjilatnya mungkin bisa memberikan hidrasi. Namun ternyata tidak sama sekali. Air liur mengandung banyak enzim yang diperuntukkan bagi pencernaan makanan. Sehingga jika diaplikasikan ke bibir, tentu akan menjadikannya lebih kering.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓