Ragam Manfaat Nanas bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit Wajah

Beauty Journal18 Jul 2019, 11:20 WIB
Nanas

ringkasan

  • Mencerahkan dan meratakan warna kulit
  • Kaya akan antioksidan
  • Memiliki kandungan anti inflamasi
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kandungan alami dalam skincare masih tetap digemari banyak perempuan. Selain ekstrak akar dan bunga, kandungan buah-buahan juga kerap ditemukan pada produk perawatan kulit. Salah satu yang mulai populer belakangan ini adalah nanas. Buah tropis yang memiliki rasa khas ini, diklaim punya beragam manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah, lho!

Mencerahkan dan meratakan warna kulit

Kandungan vitamin C dalam nanas tergolong tinggi, sehingga dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga berfungsi untuk membuat tampilan kulit halus dengan warna kulit wajah yang lebih merata. Nanas juga memiliki kandungan bromelain yang dapat menstimulasi produksi kolagen, sekaligus mempercepat proses penyembuhan pada kulit.

Melindungi kulit dari bahaya polusi

Paparan polusi udara dapat menjadi sumber masalah kulit, seperti kulit kusam, warna kulit tidak merata, dan mempercepat penuaan kulit. Nah, dengan menggunakan produk skincare yang mengandung nanas, kamu bisa terhindar dari masalah ini. Nanas kaya akan kandungan vitamin C dan E yang mampu melindungi dan mengurangi dampak buruk polutan pada kulit kita.

Manfaat Nanas Lainnya

Skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Kaya akan antioksidan

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, nanas kaya akan vitamin C dan E. Nah, kedua jenis vitamin tersebut merupakan antioksidan yang dapat mencegah pembentukan radikal bebas pada tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan dalam nanas juga berfungsi untuk melawan kerusakan kulit akibat matahari dan polusi, mencegah pembentukan keriput, serta memperbaiki tektsur kulit secara menyeluruh.

Mengeksfoliasi kulit secara lembut

Nanas memiliki kandungan AHA yang tinggi, sehingga mampu mengeksfoliasi kulit wajah dengan lembut. Berkat manfaatnya ini, nanas menjadi bahan yang cocok digunakan oleh pemilik kulit rentan berjerawat dan kamu yang memiliki masalah hiperpigmentasi pada kulit. Selain berkat kandungan AHA, bromelain yang terkandung dalam nanas juga dapat berperan sebagai enzyme peel yang dapat membantu eksfoliasi kulit.

Memiliki kandungan anti inflamasi

Selain dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi yang muncul akibat jerawat, nanas juga dapat mencegah dan menyembuhkan jerawat itu sendiri. Bromelain pada nanas memiliki kandungan anti-inflamasi alami dan antimicrobial. Dua kandungan tersebut berfungsi untuk mencegah serta meredakan kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya. Selamat mencoba.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓