Tidak Hanya Kulit, 16 Skincare Ini Juga Bisa Diaplikasikan Pada Rambut

Annissa Wulan24 Jul 2019, 14:30 WIB
Rambut

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa ternyata skincare tidak hanya bisa diaplikasikan pada kulit, namun juga rambut? Produk skincare yang digunakan pada rambut memang menjadi tren unik yang penting untuk diperhatikan.

Dilansir dari stylecaster.com, Senin (22/7/2019), berikut ini adalah beberapa bahan dalam produk skincare yang juga bisa kamu gunakan pada rambut. Penasaran apa saja?

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel biasanya ditemukan dalam produk skincare, seperti toner untuk membantu menetralkan dan menyeimbangkan kulit. Ternyata, cuka sari apel juga bisa menjadi penetral kulit kepala, membantu menghilangkan kotoran, dan menjaga minyak sebaceous tetap seimbang.

2. Asam hialuronat

Asam hialuronat merupakan pelembap rambut terbaik, karena mampu melembapkan folikel rambut dan kulit di sekitarnya.

3. Biopeptida

Protein memainkan peran besar untuk rambut dan kulit yang sehat, inilah sebabnya biopeptida dapat sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki masalah rambut tipis.

4. Tanah liat

Sama dengan fungsinya pada kulit, tanah liat dapat mengklarifikasi kulit kepala. Produk skincare ini membantu menyingkirkan penumpukan produk berlebih, menghilangkan kotoran, dan mencegah ketombe.

Secara khusus, tanah liat merah kaya akan zat besi untuk menghilangkan kotoran, sedangkan tanah liat kuning dapat membantu menata ulang struktur rambut, membuatnya terlihat lebih sehat dan kuat. Ada lagi tanah liat ungu yang kaya akan kaolin dan aluminium untuk memberikan keseimbangan dan memiliki sifat anti toksik untuk rambut.

 

 

 

Minyak kelapa, kafein, shea butter, dan lidah buaya

Rambut
Ilustrasi rambut (iStockphoto)

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal dapat menenangkan dan melembapkan kulit, serta rambut.

6. Kafein

Kafein adalah kandungan yang dapat merangsang, mempersempit pembuluh darah, dan menenangkan kulit. Untuk rambut, kafein dapat berfungsi untuk mencegah kebotakan pada pria dan kerontokan rambut.

Kafein dapat merangsang akar rambut di kulit kepala wanita dan memicu pertumbuhan rambut yang lebih kuat. Selain itu, kafein juga merangsang metabolisme seluler kulit kepala, meningkatkan jaringan dan membuat rambut lebih sehat.

7. Shea butter

Shea butter biasanya digunakan pada banyak produk skincare bertekstur krim untuk membantu kulit tetap lembap. Namun, shea butter juga bisa diaplikasikan pada rambut untuk membantu memelihara, memerangi kekeringan, dan menjaga rambut tetap dalam keadaan sehat.

8. Lidah buaya

Lidah buaya umumnya digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar, namun juga dapat bekerja sangat baik jika digunakan dalam produk perawatan rambut. Lidah buaya dapat membantu mengatasi rambut rusak dan kutikula terbuka.

Minyak argan, minyak zaitun, minyak roucou, dan minyak jojoba

Ilustrasi rambut
Ilustrasi rambut. Sumber foto: pexels.com/Garon Piceli.

9. Minyak argan

Minyak argan berfungsi sebagai pelembap kulit yang sangat baik. Tidak hanya itu, minyak argan juga dapat membuat rambut lebih lembut dan berkilau, minyak argan dapat digunakan sebagai kondisioner rambut.

10. Minyak zaitun

Minyak zaitun terkenal karena sifatnya yang melembapkan dan bergizi karena kaya akan antioksidan.

11. Minyak roucou

Minyak roucou sangat baik diaplikasikan pada rambut, karena kandungan tabir surya yang luar biasa, antioksidan, bahkan sifat fotoprotektifnya. Minyak ini juga memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang sangat baik untuk kulit kepala.

12. Minyak jojoba

Minyak jojoba kaya akan nutrisi, tidak hanya untuk kulit, namun juga rambut karena sifat pelembapnya yang dalam.

Minyak almond, minyak biji safflower, vitamin A, dan E

Ikat rambut
Ilustrasi ikat rambut/copyright shutterstock

13. Minyak almond

Rambut dapat tetap lembap dan memancarkan kilau dengan menggunakan minyak ini.

14. Minyak biji safflower

Minyak biji safflower sebenarnya dikenal sangat efektif untuk melawan garis-garis halus, kerutan, dan tampilan kulit yang menua. Namun, minyak ini juga sangat baik untuk melembapkan rambut dan meningkatkan pertumbuhannya.

15. Vitamin A dan E

Vitamin A dan E tidak hanya sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit, namun juga rambut dan kuku. Mengonsumsi vitamin A dan E setiap hari dapat memperkuat rambut, kulit, dan kuku.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓