3 Cara Mencerahkan Warna Bibir yang Kusam dan Menggelap

fitriandiani23 Jul 2019, 06:30 WIB
Cara Mencerahkan Warna Bibir yang Hitam

ringkasan

  • Bibir kusam dan menggelap bisa disebabkan oleh bahan kimia dari lipstik, atau karena faktor luar seperti paparan sinar matahari yang menyebabkan hiperpigmentasi
  • Hindari kebiasaan menggigit kulit bibir karena itu juga dapat membuatnya kusam dan menggelap
  • Untuk mencerahkan kulit bibir, rutin oleskan madu, scrubbing, dan pakai lipbalm yang mengandung SPF setiap hari
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bibir yang kusam dan terlihat menggelap bisa diakibatkan oleh pigmentasi berlebih. Hal itu terjadi karena penggunaan lipstik atau produk makeup pewarna bibir lain yang mengandung bahan kimia berbahaya. Tak hanya itu, paparan sinar matahari juga dapat membuat bibir terlihat kusam.

Kebiasaan menggigit kulit bibir yang kering juga sering dikira sebagai cara alami membuatnya tampak merah merona, padahal itu hanya akan membuatnya menggelap, lho. Mulai sekarang hindari kebiasaan itu, ya!

Nah, untuk mengembalikan warna bibir yang terlanjur kusam dan menggelap. Coba lakukan perawatan ekstra berikut ini.

Tips Membuat Warna Bibir Kembali Cerah

Formulanya Nggak Sesuai Kulit Bibirmu
© Shutterstock

Oleskan madu

Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu dapat memicu pembentukan jaringan kolagen baru, sehingga warna bibir yang hitam dapat diremajakan kembali dan kecerahannya perlahan meningkat.

Scrub

Untuk membantu menghilangkan sel kulit mati pada permukaan bibir, gunakan scrub 2 kali dalam seminggu. Ini penting untuk dilakukan terutama bagi kamu yang tiap hari menggunakan lipstik! Kamu bisa membuat scrub bibir alami dari gula pasir yang dicampur dengan petroleum jelly.

Pakai Sunscreen

Lindungi bibir dari bahaya sinar UV matahari yang dapat membuatnya menggelap. Setiap hari sebelum mengaplikasikan lipstik, aplikasikan lip balm yang mengandung SPF untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓