Manfaat Toner Wash, Mencuci Muka Menggunakan Toner

Beauty Journal23 Jul 2019, 18:15 WIB
Mencuci wajah

Fimela.com, Jakarta Kalau membahas soal tren skincare dan cara unik untuk merawat kulit rasanya memang tak akan pernah ada habisnya, ya! Mungkin tren 10-Step Korean Skin Care Routine atau tren glass skin sudah kamu hafal di luar kepala, tapi nggak cuma itu saja, lho. Untuk produk toner sendiri ada beberapa metode yang juga sempat menjadi tren, seperti Chizu Saeki Method dan 7-Skin Method. Nah, masih dari produk toner, apakah kamu sudah pernah mendengar tentang metode toner wash? Kalau belum, simak penjelasannya di sini, ya!

Metode Mencuci Muka Menggunakan Toner

Eits, jangan kaget dulu. Metode toner wash tidak akan menggantikan tahapan double cleansing dan mencuci muka seperti biasa, kok! Justru, metode ini dilakukan setelahnya. Jadi seperti ini tahapannya:

  • Bersihkan wajah dari makeup dan kotoran menggunakan first cleanser (micellar water / cleansing oil / cleansing balm) seperti biasa.
  • Lanjutkan dengan water based cleanser atau face wash untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan minyak pada wajah.
  • Tanpa menunggu wajah kering untuk mengaplikasikan toner, lakukan metode toner wash di tahap ini dengan cara mencampurkan hydrating toner dan air untuk membilas wajah kamu terakhir kalinya.

Nah, untuk mencampurkan hydrating toner dan air dalam metode toner wash bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, kamu bisa langsung menuangkan hydrating toner ke telapak tangan yang sudah menampung air (tangan membentuk mangkuk seperti posisi berdoa).Kedua, kamu bisa menuangkan sedikit hydrating toner pada mangkuk yang telah diisi air. Dilansir dari Pibuu, proporsi antara hydrating toner dan air yang disarankan adalah 1 (toner) : 9 (air), namun kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Hasil Metode Toner Wash

Mencuci wajah
ilustrasi mencuci wajah/copyright shutterstock

Nah, tentu saja metode ini tak akan menjadi tren yang viral jika tidak memberikan hasil yang signifikan. Salah satu hasil toner wash yang paling populer adalah dari pengguna Reddit dengan usernamePDXBeautiful. Ia menuliskan bahwa setelah mempraktikkan metode toner wash menggunakan Nacific Fresh Herb Calendula Tincture Toner, jerawat di wajahnya jauh berkurang dan kulitnya pun menjadi lebih lembut dan halus.

Selain PDXBeautiful, hasil toner wash yang viral lainnya datang dari channel YouTube StyleKorean. Dalam video-nya, StyleKorean memperlihatkan seorang perempuan yang mencoba metode toner wash selama 50 hari menggunakan toner yang sama. Hasilnya? Kulit perempuan tersebut menjadi jauh lebih halus dan bersih dari jerawat! Di lain sisi, Alexis Diaz dari The Klog turut mencoba metode toner wash dengan produk yang sama, namun ia tidak merasakan hasil apapun yang signifikan.

Apakah Toner Wash Efektif?

Kalau melihat foto before-after metode toner wash, mungkin kamu tergoda untuk mencoba metode ini demi mendapatkan hasil yang sama. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, nih. Pertama, hasil yang didapatkan tentu bergantung pada toner apa yang digunakan.

Pada dua percobaan viral dengan hasil positif di atas, toner yang digunakan memang mengandung calendula extract yang baik untuk kulit berjerawat. Sehingga, tak dapat benar-benar dipastikan apakah hasil tersebut berkat metode toner wash atau berkat produk toneryang digunakan. Kedua, perlu diingat kalau hasil toner wash bergantung pula pada jenis kulit tiap orang yang berbeda-beda, sehingga bisa saja kamu tidak mengalami efek apapun seperti Alexis Diaz.

Baca juga: Rekomendasi Hydrating Toner Lokal Berkualitas yang Harganya Terjangkau

Apakah Perlu Mencoba Toner Wash?

Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Apabila kondisi kulitmu tidak bermasalah dengan skin care routine yang dijalani saat ini, tentu kamu tak perlu menambah step ekstra dengan toner wash. Namun, apabila kamu memiliki kulit kering dan ingin mendapatkankan kelembapan tambahan, tak ada salahnya untuk mencoba metode toner wash. Dengan catatan, kamu harus menggunakan hydrating toner yang sesuai dengan kulit kamu (tidak menimbulkan reaksi negatif) dan bukan exfoliating toner, ya!

Baca juga: Rekomendasi Hydrating Toner dari Brand Korea yang Mampu Jaga Kelembapan Kulit

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓