Manfaat Lain Blotting Paper yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Beauty Journal25 Jul 2019, 11:35 WIB
Blotting Paper

ringkasan

  • Pengganti Dry Shampoo
  • Membuat Lipstik Menjadi Longwear
  • Membersihkan Layar Ponsel
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bagi para perempuan terutama mereka yang memiliki jenis kulit berminyak, kertas minyak alias blotting paper bisa dibilang merupakan salah satu barang wajib yang harus selalu ada di pouch makeup. Seperti yang diketahui, blotting paper berguna untuk menyerap kelebihan minyak wajah, yang bisa membuat makeup menjadi mudah luntur. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata selain untuk menyerap minyak wajah, kertas minyak wajah juga memiliki fungsi lain yang mungkin tidak kamu duga sebelumnya? Yuk, cari tahu apa saja manfaat lain blotting paper di bawah!

Pengganti Dry Shampoo

Rambut lepek yang kerap terjadi saat belum keramas atau saat berkeringat setelah beraktivitas di luar ruangan yang terik tentu akan membuat penampilan tidak optimal. Biasanya, saat mengalami masalah bad hair day, dry shampoo menjadi solusinya. Namun, bagaimana kalau kamu lupa membawa dry shampoo? Tak perlu cemas, Sahabat Fimela! Sebab kamu bisa menggunakan blotting paper untuk menangani masalah rambut lepek. Caranya, ambil beberapa helai kertas minyak lalu gosokkan pada kulit kepala untuk menyerap minyak berlebih pada rambut. Namun, kamu perlu bersabar saat melakukan trik ini, sebab butuh waktu yang sedikit lama agar rambut tidak lepek lagi. Tetapi jika sedang terdesak, tidak ada salahnya kamu menggunakan cara ini.

Pengganti Setting Spray agar Makeup Tahan Lama

Blotting Paperr
Blotting Paperr/copyright shutterstock

Selain membuat rambut mudah lepek, melakukan aktivitas di siang hari pun dapat membuat makeup menjadi tidak tahan lama. Tentu hal ini akan membuatmu sebal, bukan? Bagi para perempuan yang selalu mengenakan makeup setiap hari, sudah pasti setting spray adalah produk yang wajib digunakan agar riasan tetap tahan lama. Namun, bagi kamu yang tidak memiliki setting spray, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan kertas minyak wajah, lho! Setelah selesai mengaplikasikan makeup, tepuk-tepuk wajah dengan kertas minyak. Trik ini mampu menyerap kelebihan minyak dari produk makeup yang kamu aplikasikan, sekaligus membuat alas bedak lebih menempel di kulit wajah. Setelah itu, sapukan setting powder untuk membuat riasan terlihat lebih sempurna. Dan, taraaa! makeup kamu akan lebih tahan lama,ladies!

Membuat Lipstik Menjadi Longwear

Walau memiliki klaim transferproof, biasanya beberapa lipstik cenderung tetap mudah hilang saat digunakan untuk makan dan minum. Nah, untuk menyiasati agar lipstik tahan lebih lama, coba gunakan blotting paper. Caranya, pulaskan lipstik secara tipis terlebih dahulu kemudian tekan lembut bibir menggunakan kertas minyak, lalu aplikasikan kembali lipstik favorit kamu. Selain itu, biasanya setelah makan makanan yang berminyak, bibir kamu akan berminyak dan sulit dibersihkan. Nah, blotting paperakan lebih berguna di sini. Katupkan bibir beberapa kali pada kertas minyak yang diletakkan di bagian tengah bibir dan minyak yang menempel pun akan lenyap!

Membersihkan Layar Ponsel

Handphone
Ilustrasi handphone/copyright shutterstock

Tentu kamu sudah pernah mendengar bahwa layar ponsel bisa menjadi salah satu faktor penyebab munculnya jerawat pada wajah. Pasalnya, saat kamu melakukan panggilan lewat ponsel maka minyak pada wajah bisa menempel pada layar ponsel, dan minyak tersebut akan dengan mudah membuat debu dan kotoran menjadi tertempel pula. Maka dari itu, agar tidak menjadi sumber kuman, ponsel harus rutin dibersihkan. Tahukah kamu, jika ternyata membersihkan layar ponsel menggunakan blotting paper lebih efektif alih-alih sekedar menggunakan tisu ataupun kain lap lainnya? Menggunakan kertas minyak akan lebih ampuh untuk menyerap minyak pada layar ponsel.

Baca Juga: Tips Membuat Foundation Tahan Lama ala Pengguna Reddit

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓