Perawatan Mengatasi Dark Spot yang Diakui Keampuhannya oleh Para Dermatolog

Beauty Journal28 Jul 2019, 18:35 WIB
Perawatan Wajah

Fimela.com, Jakarta Salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi adalah dark spot atau flek hitam. Beberapa alasan seperti paparan sinar matahari, kehamilan, kurang tidur, hingga ketidakseimbangan hormon dapat jadi alasan timbulnya flek hitam. Karena sifatnya yang membandel alias sulit dihilangkan, flek hitam seringkali membuat rasa percaya diri menurun. Namun, kamu tak usah khawatir lagi. Dilansir dari SELF, beberapa dermatolog telah menyarankan lima perawatan berikut untuk meminimalkan tampilan dark spot. Apa saja?

1. Laser

Di samping harganya yang relatif pricey, laser dapat jadi pilihan praktis untuk mengurangi dark spot. Dengan menggunakan cahaya laser yang difokuskan pada dark spot, laser mampu melakukan penetrasi ke dalam kulit untuk memecah dan menghilangkan partikel pigmen pada kulit.

Hasil akhir perawatan laser bergantung pada kepekatan warna spot yang ingin dihilangkan. Namun, perawatan ini kurang direkomendasikan bagi kamu dengan pigmen kulit gelap, karena efek laser yang digunakan cenderung bekerja lebih maksimal pada pigmen di kulit terang.

2. Chemical Peeling

Chemical peeling
Chemical peeling. (Foto: shutterstock.com)

Sahabat Fimela pasti sudah tidak asing lagi dengan perawatan yang satu ini. Eksfoliasi menggunakan bahan kimia atau biasa disebut chemical peeling dipercaya dapat membantu mengurangi penampilan kulit kusam, dark spot, dan membantu kulit tampak lebih cerah. Chemical peeling bekerja dengan merangsang produksi kolagen dan mendorong pergantian sel kulit, sehingga dapat mengurangi dark spot.

Menurut dokter Sumayah Jamal, sebaiknya tetap berhati-hati pada bahan kimia yang terlalu kuat karena dapat membuat kulit mengalami iritasi. Sebagai pilihan, kamu bisa menggunakan bahan aktif seperti glycolic acid, salicylic acid, mandelic acid, dan lactic acid yang bisa ditemukan pada produk skin care over the counter.

3. Microneedling

Sebagai alternatif lain, kamu bisa melakukan perawatan microneedling untuk menghilangkan dark spotyang cukup mengganggu. Prosedur microneedling dilakukan menggunakan stainless roller yang dipenuhi jarum berukuran kecil. Microneedling akan menciptakan luka-luka mikroskopik atau sangat kecil pada kulit untuk merangsang produksi kolagen. Untuk hasil terbaik, sebaiknya kombinasikan treatment ini dengan perawatan topikal seperti vitamin C untuk mencerahkan area kulit. Melibatkan jarum, tentu terdapat potensi risiko pada prosedur microneedling, oleh karena itu, hanya lakukan microneedling pada klinik yang benar-benar terpercaya.

4.Microdermabrasion

Liburan Usai, Saatnya Bersihkan Wajah Agar Bebas Masalah Kulit Sensitif
┬ęShutterstock

Bagi kamu penggiat dunia kecantikan mungkin sudah tidak asing dengan istilah microdermabrasion atau mikrodermabrasi. Di beberapa klinik kecantikan, teknik ini termasuk salah satu prosedur yang populer. Mikrodermabrasi sendiri merupakan prosedur non-kimia dan non-abrasif yang menggunakan butiran kristal berukuran mikro untuk mengangkat lapisan kulit yang rusak. Prosedur ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mengatasi flek hitam di wajah dalam waktu singkat, karena tidak memerlukan waktu pemulihan yang lama dan memberikan hasil yang cukup signifikan.

5. Kojic Acid

Zat yang berasal dari bakteri pada proses fermentasi beras ini umumnya ditemui pada produk pencerah kulit. Kojic acid dipercaya efektif mengatasi hiperpigmentasi, flek hitam hingga aging spot. Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa asam kojic juga dapat menimbulkan risiko jika digunakan dalam kadar yang tinggi, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Oleh sebab itu, kebanyakan produk yang mengandung kojic acid memiliki dosis yang lebih kecil. Walau efeknya tak langsung terlihat, dengan penggunaan rutin, zat ini dapat membantu mencerahkan dark spot, lho!

Baca juga: Kandungan pada Skincare yang Dapat Digunakan untuk Mengatasi Dark Spot

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓