Sukses

Beauty

Hati-Hati, Ini 10 Tanda Kamu Salah Pakai Produk Skincare

Fimela.com, Jakarta Beberapa masalah kulit bisa terjadi karena kamu menggunakan produk skincare yang tidak tepat. Inilah mengapa para ahli tidak menyarankan untuk terlalu sering mengganti produk skincare yang digunakan.

Dilansir dari newbeauty.com, Senin (29/7/2019), berikut ini adalah beberapa tanda kamu salah pakai produk skincare yang sering tidak disadari. Penasaran?

1. Kulit kering dan mengelupas

Produk skincare yang salah dapat memperburuk keadaan kulit, semakin membuat kering atau justru semakin membuat berminyak. Jangan pernah menggunakan dua produk asam secara bersamaan.

2. Muncul ruam

Ruam di kulit bisa muncul karena reaksi terhadap penggunaan produk skincare tertentu. Ruam dapat disebabkan oleh pengawet atau wewangian.

 

 

 

Kulit berjerawat dan berminyak

3. Jerawat

Jerawat berupa tonjolan merah kecil menunjukkan reaksi negatif terhadap produk skincare tertentu. Untuk memastikannya, cobalah tunggu dua sampai tiga minggu sampai kulit beradaptasi.

4. Kulit berminyak

Formula produk skincare yang salah bisa menyebabkan kulit semakin berminyak. Cobalah cari produk skincare dengan kandungan asam hialuronat, yang dapat memberikan hidrasi, tanpa menambahkan minyak.

Kulit terasa terbakar dan muncul benjolan

5. Kulit terasa terbakar atau tersengat

Kulit sensitif paling mudah untuk terkena sensasi terbakar atau tersengat karena penggunaan produk skincare yang salah. Jika kulit menjadi kemerahan selama lebih dari satu jam, sebaiknya langsung hentikan penggunaan produk dan cuci muka.

Untuk kulit sensitif, sebaiknya hindari produk skincare yang mengandung retinol. Atau konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan produk tertentu.

6. Muncul benjolan

Benjolan yang muncul pada kulit bisa menjadi tanda dari iritasi, peradangan, alergi, atau penggunaan produk skincare dengan kandungan bahan aktif yang terlalu tinggi. Jika kamu pernah mengalami reaksi ini, sebaiknya hindari penggunaan skincare dengan kandungan oxybenzone, alergen yang memunculkan reaksi seperti eksim.

Kulit kencang dan muncul bintik-bintik gelap

7. Kulit terasa kencang

Menggunakan produk skincare yang salah bisa menghilangkan minyak alami pada kulit, menyebabkan dehidrasi, iritasi, dan kekeringan. Kondisi ini bisa menyebabkan peningkatan produksi minyak, pori-pori besar, dan kerutan.

8. Muncul bintik-bintik berwarna gelap

Bintik-bintik gelap bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari jangka panjang. Jika tanda ini masih muncul, sedangkan kamu sudah menggunakan tabir surya, bisa jadi kamu menggunakan produk yang tidak memberikan perlindungan spektrum yang luas.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading