3 Mitos Cara Menangani Jerawat yang Terbukti Salah

fitriandiani31 Jul 2019, 12:00 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Masalah jerawat di kulit memang menyebabkan kepusingan yang berkepanjangan. Treatment atau skincare apapun yang disebut ampuh menghilangkan jerawat pasti akan dicoba demi kembali mendapatkan wajah yang mulus dan sehat. Sayangnya, hal tersebut kadang membuat kita buta fakta.

Keinginan yang kuat untuk menyembuhkan jerawat pasti mendorong kita untuk rela melakukan apa saja. Namun baiknya tetap berhati-hati dalam mencerna informasi.

Treatment atau skincare yang cocok untuk mengatasi masalah jerawat di orang lain belum tentu cocok di kulitmu. Paling aman memang mendatangi dermatologis dan biarkan ahlinya yang memberi anjuran perawatan untuk jerawat di kulitmu.

Yang jelas, hindari hal-hal berikut ini karena jelas salah dan malah bisa memperparah jerawat di kulit!

Mitos Cara Menangani Jerawat yang Salah

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

"Kulit berjerawat tidak perlu pakai pelembab"

Jerawat memang rentan muncul di kulit berminyak. Tapi, menghindari minyak di kulit dengan cara tidak memakai moisturizer jelas salah. Kulit yang kering juga bisa menyebabkan jerawat. Jadi yang tepat adalah menjaga kelembapannya tetap di batas normal. Caranya? Pakai pelembap yang oil free untuk kulit berminyak. Di drugstore banyak lho produk pelembap dengan formula ringan.

"Lebih banyak produk, lebih cepat hilang jerawatnya"

Menggunakan terlalu banyak produk malah memperbesar risiko ketidakcocokan antarkandungan dalam masing-masing skincare tersebut. Selain membuatnya tidak efektif, jerawat malah bisa lebih parah. Fokus lah pada perawatan inti yakni pembersih, toner, serum, dan moisturizer untuk membuat kulit memperkuat barrier-nya kembali.

Dilarang Pakai Sunscreen kalau Berjerawat?

Sunscreen
Ilustrasi sunscreen/copyright shutterstock

"Jangan pakai sunscreen di kulit yang berjerawat"

Paparan matahari tak membuat jerawat cepat mengering dan sembuh. Sinar UV dari matahari malah bisa memicu inflamasi. Jadi, sunscreen tetap dibutuhkan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Yang penting kamu yang berjerawat harus menemukan formula sunscreen yang tepat untuk kulitmu, yang ringan dan membuatnya tetap bisa bernapas, namun juga melindungi dengan optimal.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓