Pentingnya Penggunaan Serum dan Masker untuk Rambut yang Lebih Sehat

Beauty Journal31 Jul 2019, 12:15 WIB
Rambut

Fimela.com, Jakarta Sadarkah kamu bahwa setiap harinya ada berbagai hal yang dapat mengganggu kondisi dan kesehatan rambutmu? Mulai dari kebiasaan tidur dengan rambut diikat, penggunaan hair dryer dan alat catok yang bersuhu panas, paparan sinar UV dan polusi dalam perjalanan menggunakan ojek online, hingga udara AC yang dapat membuat rambut kering. Nah, untuk merawat rambut setelah melewati berbagai penyebab masalah di atas, penggunaan sampo dan kondisioner saja tidak cukup, lho! Untuk memastikan rambut tetap sehat, lembut, dan berkilau, yuk, masukkan serum dan masker rambut ke dalam perawatan rambut kamu!

Apa itu serum dan masker rambut?

Sebelumnya, apakah kamu sudah tahu apa itu serum dan masker rambut? Serum rambut adalah produk perawatan rambut yang berfungsi untuk menutrisi, melindungi, dan memberikan kilau pada rambut. Ada jenis serum rambut yang digunakan untuk memberikan kilau serta melindungi rambut dengan bahan dasar silikon, dan biasanya digunakan setelah keramas atau sebelum penggunaan alat hair styling. Ada pula serum rambut yang hanya berfokus untuk menutrisi rambut, sehingga digunakan pada waktu malam sebelum tidur.

Masker rambut adalah perawatan rambut yang dapat menutrisi rambut secara intensif, terutama untuk rambut kering dan rusak. Karena dapat merawat rambut secara intensif, penggunaan masker rambut umumnya hanya sekali dalam seminggu. Cara menggunakannya kurang lebih serupa dengan masker wajah: aplikasikan hingga merata pada rambut, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

Baca juga: Kandungan yang Perlu Dihindari dan Kebiasaan yang Perlu Dilakukan untuk Mencegah Jerawat Akibat Produk Perawatan Rambut

Manfaat serum dan masker rambut

Rambut
Ilustrasi rambut/copyright shutterstock

Walau terdapat berbagai varian serum rambut yang tersedia di pasaran dengan klaim yang berbeda-beda pula, pada dasarnya serum rambut memiliki manfaat:

  1. Memberikan perlindungan pada rambut terhadap berbagai faktor eksternal yang dapat merusak rambut, seperti suhu tinggi, sinar UV, atau polusi.
  2. Meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh hair styling tool seperti alat catok.
  3. Membuat rambut kusam tampak berkilau dalam waktu singkat
  4. Menjadikan rambut lebih lembut, halus, dan tidak mudah kusut, sehingga lebih gampang untuk ditata
  5. Memberikan nutrisi dan kelembapan pada rambut yang kering atau rusak.

Apabila serum rambut cenderung memberikan hasil yang lebih instan, masker rambut adalah perawatan yang wajib kamu lakukan jika kamu memiliki kondisi rambut yang rusak atau rapuh. Manfaat masker rambut umumnya lebih bersifat jangka panjang, seperti:

  1. Melembapkan dan menjaga kelembapan rambut.
  2. Memperkuat rambut hingga ke akarnya agar tidak mudah patah maupun rontok.
  3. Mendorong petumbuhan rambut agar lebih tebal
  4. Melembutkan rambut dan menjadikannya tidak mudah kusut.
  5. Mengembalikan kilau alami rambut.
  6. Memperbaiki rambut yang rusak dan menjaganya tetap sehat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu pentingnya menggunakan serum dan masker rambut untuk rambut yang lebih sehat, kan? Apabila kamu tak ingin rambut kamu terlihat kusam, mudah rontok, dan kering, pastikan kamu memberikan rambut perawatan ekstra dengan serum atau masker rambut, ya!

Baca juga: Rambut Kering dan Rusak Karena Sering Styling? Yuk Coba Atasi dengan 5 Pilihan Masker Rambut Berikut!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓