5 Kandungan yang Sebaiknya Diperhatikan dalam Memilih Sabun Mandi

Beauty Journal31 Jul 2019, 18:35 WIB
Mandi

Fimela.com, Jakarta Tidak hanya perawatan kulit wajah saja yang sebaiknya diperhatikan, memilih sabun mandi dengan kandungan yang tepat ternyata juga sama pentingnya, lho. Demi memberi kepercayaan kepada masyarakat, saat ini sudah banyak sabun mandi, khususnya sabun batang, yang menggunakan bahan-bahan alami sebagai kandungan utama. Meksipun begitu, sebaiknya kamu tetap memperhatikan kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya, karena mungkin saja sabun mandi tersebut mengandung bahan synethics dan minyak bumi yang dapat merusak kesehatan kulit serta lingkungan. Yuk, sayangi kulit kamu dan lebih pintar lagi memilih sabun mandi dengan menghindari 5 kandungan berikut ini.

Hindari penggunaan palm oil

Sabun mandi yang baik tidak hanya dapat menutrisi kulit, tetapi juga aman untuk lingkungan. Salah satu bahan alami yang kerap digunakan sebagai kandungan pada sabun mandi, adalah palm oilatau minyak kelapa sawit. Palm oil kaya akan antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk penuaan kulit. Meskipun begitu, minyak yang populer di dunia ini memiliki pengaruh yang cukup tiggi terhadap lingkungan, karena jika digunakan secara berlebihan, itu sama saja dengan merusak hutan, habitat hewan, serta hak asasi manusia. Jika mencintai lingkungan, mungkin kamu akan berpikir dua kali sebelum menggunakan sabun mandi yang mengandung palm oil.

Pilih yang mengandung lemak alami

Banyak merek sabun mandi yang mulai menghilangkan palm oil dengan lemak alami, seperti coconut oilatau shea butter. Hal ini merupakan kabar baik yang tidak hanya berlaku untuk lingkungan, tetapi juga kulit, karena dapat melembapkan dan melembutkan. Kandungan lemak ini secara alami bermanfaat bagi kulit dan dapat diperoleh secara etis dan berkelanjutan. Sangat penting untuk menghindari sabun mandi yang menggunakan bahan buatan atau minyak yang terlalu banyak diproses.

Baca Juga: 5 Produk Humphrey Skincare yang Wajib Dimiliki Para Pencinta Produk Lokal Berbahan Alami

Gunakan sabun mandi yang mengandung bahan alami 100%

mandi
ilustrasi mandi/copyright unsplash/ Laura Marques

Jika benar-benar peduli terhadap kesehatan kulit dan lingkungan, Sahabat Fimela bisa menggunakan sabun mandi yang mengandung bahan alami 100%. Meskipun saat ini sudah banyak sabun mandi organik yang ditawarkan, tetapi terkadang masih ada satu atau dua bahan pengawet sintetis yang terkandung di dalamnya. Sabun mandi organik biasanya mengandung 100% bahan alami yang berarti bebas dari bahan apapun yang tidak alami, termasuk wewangian atau parfum buatan. Itu sebabnya, sabun mandi organik memiliki aroma yang tidak terlalu kuat karena menggunakan minyak esensial alami.

Pewangi buatan

Kebanyakan sabun mandi, biasanya mengandung wewangian yang tidak diketahui asalnya, karena tidak dijelaskan secara rinci pada label produk. Apakah berasal secara alami atau ratusan bahan lain dalam satu aroma? kamu tentu perlu memberi perhatian lebih untuk hal ini, terlebih untuk para pemilik kulit sensitif, karena kandungan pewangi buatan kerap jadi pemicu terjadinya iritasi pada kulit.

Baca Juga: Apakah Mandi Menggunakan Shower Puff Baik untuk Membersihkan Kulit? Ini Faktanya!

Hindari paraben

Paraben adalah pengawet yang banyak digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri, jamur, ragi dalam produk kecantikan, salah satunya sabun mandi. Kedengarannya bagus, ya? Sayangnya, tidak. Paraben memiliki sifat yang dapat menirukan estrogen, di mana zat ini berhubungan dengan peningkatan risiko kanker payudara, karena dapat diserap melalui kulit dan telah diidentifikasi dalam sampel biopsi.

Baca Juga: Kaya Akan Manfaat, Inilah Ragam Bahan Alami yang Kerap Terdapat dalam Produk Body Care Lokal Sejak Zaman Dahulu

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓