Trik Mengatasi Kulit Kemerahan yang Terus Menerus Muncul

Annissa Wulan02 Agu 2019, 12:00 WIB
Jerawat/mlg

Fimela.com, Jakarta Beberapa kondisi kulit yang menjengkelkan adalah kulit kemerahan, apa kamu juga mengalaminya? Kulit kemerahan bisa menjadi sumber iritasi, ketidaknyamanan, dan rasa tidak percaya diri.

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Jumat (2/8/2019), berikut ini adalah penyebab kulit kemerahan dan beberapa cara untuk mengatasinya yang harus kamu ketahui. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan kulit kemerahan, seperti gaya hidup dan produk perawatan kulit yang digunakan.

Rosacea, genetika, alergi terhadap perawatan kulit, panas, paparan sinar matahari, alkohol, makanan pedas, jerawat, kekeringan, dan eksfoliasi berlebihan bisa berkontribusi pada kulit kemerahan yang kamu alami. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah periksa ke dokter kulit untuk mencari tahu penyebab yang sebenarnya dan cara terbaik untuk mengatasinya.

 

 

Beberapa penyebab kulit kemerahan

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Jika kulit kemerahan yang terjadi karena jerawat, semakin cepat diatasi, semakin baik. Asam salisilat atau asam glikolat dapat membantu mempromosikan pergantian sel, menghilangkan lapisan atas kulit. Setelah jerawat dapat diatasi, pastikan untuk menggunakan produk krim yang melembapkan, sekaligus bebas minyak, tanpa menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

Kulit kemerahan karena kering dapat diatasi dengan mengurangi frekuensi eksfoliasi dan menambahkan kelembapan kulit. Cobalah produk perawatan kulit yang mengandung asam hialuronat dan niacinamide yang dapat menenangkan kulit.

Sedangkan kulit kemerahan karena rosacea sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter kulit. Sebelum kamu memulai perawatan kulit apapun, konsultasikan kepada ahlinya.

Cara mengatasi kulit kemerahan

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Tidak peduli apapun penyebabnya, kulit kemerahan sebenarnya disebabkan oleh peradangan yang menyebabkan pembuluh darah kecil mengembang dan mendorong kulit. Seiring waktu, kapiler bisa terus melebar dan menyebabkan kemerahan permanen.

Pertama, cari tahu apa penyebabnya dan hindari makanan pedas, alkohol, dan kopi. Batasi paparan iritasi, hindari produk-produk yang bisa menyebabkan iritasi dan kulit kering, terutama bagi kulit sensitif.

Cari dan gunakan produk yang bisa mempertahankan kelembapan kulit, serta jangan lupa untuk melindungi kulit dengan tabir surya secara rutin. Caramu makeup dan melakukan perawatan kulit sama pentingnya dengan produk yang digunakan, jangan pernah menggosok kulit kemerahan. Selamat mencoba!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓