Membiarkan Rambut dalam Keadaan Basah Ternyata Berdampak Buruk

fitriandiani08 Agu 2019, 20:00 WIB
Rambut

Fimela.com, Jakarta Perawatan rambut ternyata tak semudah keramas dan pakai kondisioner saja. Ada cara-cara tertentu dalam memperlakukan rambut yang penting untuk diperhatikan, salah satunya saat habis keramas.

Ada yang terbiasa mengeringkan rambut dengan hairdryer setelah keramas; namun hal itu berisiko membuat rambut rusak, kering, dan bercabang. Tapi, ternyata membiarkan rambut kering alami setelah keramas juga tidak baik.

Faktanya, membiarkan rambut basah terlalu lama juga membuat rambut berada dalam risiko kerusakan yang serius.

Alasan Rambut Bisa Rusak Jika Dibiarkan Basah Terlalu Lama

rambut rontok
rambut rontok (sumber: iStockphoto)

"Rambut terbuat dari korteks, yakni daerah yang menarik benrtuk rambut dan kutikula seperti genteng," ujar dr. Tim, seorang pakar ahli, dikutip dari Yahoo. Untaian rambut jadi lebih besar ketika basah sehingga menciptakan beban lebih pada kutikula dan membuatnya lemah.

Rambut yang basah juga akan membuat minyak alaminya ikut terbuang, ini menyebabkan rambut jadi kering, bercabang, dan rentan patah.

Cara terbaik menjaganya dari kerusakan adalah dengan mengeringkan dengan suhu rendah untuk menghilangkan kelembapan berlebih, baru kemudian dinaikan suhunya untuk styling jika perlu.

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓