Jangan Salah Pakai, Kenali Toner dan Fungsinya dalam Merawat Kulit

fitriandiani08 Agu 2019, 16:00 WIB
Toner/mlg

Fimela.com, Jakarta Toner bukan 'pemain baru' dalam skincare routine. Jauh sebelum 10 step skincare ala Korean Beauty ada, toner sudah memiliki beragam jenis meski belum sevariatif sekarang ini.

Toner digunakan setelah cuci muka dan sebelum moisturizer. "Secara historis toner digunakan sebagai cara untuk menyeimbangkan pH kulit setelah menggunakan produk sabun alkali untuk membersihkan," kata Rebecca Kazin, MD, seorang dokter kulit di Washington, DC.

Kini cleanser pun banyak yang diformulasikan khusus untuk menyeimbangkan pH kulit dan toner memiliki fungsi lain, seperti; menghidrasi, melembutkan, mengontrol minyak berlebih dan bakteri penyebab jerawat, dan lain-lain.

 

Benarkah Toner Membuat Kulit Kering?

Perbedaan Toner, Essence, dan Serum
Toner / Sumber: iStockphoto

Penggunaan toner memang cenderung membuat kulit kering karena kandungan alkohol di dalamnya. Tapi kamu bisa cegah kekeringan tersebut semakin parah dengan membatasi penggunaannya.

Jika dirasa kulitmu jadi kering karena toner yang digunakan, kurangi pemakaian misal dari yang semula dua kali sehari di pagi dan malam hari, jadi satu kali di malam atau pagi hari saja, atau berselang dua kali dalam satu hari.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓