7 Cara Mudah Mendapatkan Kulit Sehat Bercahaya dari Ahlinya

Annissa Wulan07 Agu 2019, 16:00 WIB
Tips cantik

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat dan bercahaya? Tampaknya saat ini, perawatan kulit sedang menjadi tren kecantikan tersendiri, apa kamu salah satu yang mengikutinya?

Jika iya, ternyata mendapatkan kulit sehat bercahaya tidak sulit. Dilansir dari goodhousekeeping.com, Selasa (6/8/2019), berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mendapatkan kulit sehat bercahaya, penasaran?

1. Membersihkan wajah secara teratur

Kunci kulit sehat adalah proses pembersihannya. Membersihkan wajah secara rutin berarti kamu menghilangkan kotoran, minyak, partikel polusi yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam. Cuci muka setiap pagi dan malam hari dengan memijat lembut menggunakan produk pembersih yang tepat.

2. Melakukan eksfoliasi

Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit adalah dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi berarti menghilangkan lapisan terluar kulit atau sel-sel kulit mati, sehingga wajah menjadi lebih halus dan bercahaya.

Khusus untuk kulit sensitif atau kering, lakukan eksfoliasi hanya sekali dalam seminggu, sedangkan untuk jenis kulit lainnya, lakukan maksimal tiga kali dalam seminggu. Setelah melakukan eksfoliasi, usahakan untuk melanjutkan dengan pemakaian pelembap dan tabir surya untuk mendapatkan kulit sehat bercahaya.

 

Menggunakan produk dengan kandungan yang dapat membantu mencerahkan kulit

Cantik
Ilustrasi tren kecantikan/copyright shutterstock

3. Menggunakan kandungan produk skincare untuk mencerahkan kulit

Untuk produk skincare, usahakan mencari kandungan dengan klaim mencerahkan, seperti vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang berfungsi mencerahkan kulit dengan memblokir enzim yang menghasilkan pigmen.

Atau kamu juga bisa menggunakan niacinamide untuk memperlambat produksi pigmen. Selain itu ada resorcinol dan alpha arbutin untuk memecah pigmen dan membuat warna kulit lebih merata.

4. Hidrasi

Kurangnya hidrasi akan membuat kulit kusam, bahkan menyebabkan munculnya kerutan. Gunakan pelembap secara rutin setiap pagi dan malam untuk menghidrasi kulit.

Pilihan terbaik yang bisa kamu coba adalah emulsi, campuran antara komponen minyak dan air, membawa bahan-bahan yang melembapkan ke lapisan atas kulit, membantu menjaga kelembapan. Sedangkan untuk perbaikan yang cepat, gunakan masker yang melembapkan.

5. Gunakan lotion mengkilap

Untuk mendapatkan cahaya kulit secara instan, sekarang telah beredar produk yang disebut glotions, menggabungkan manfaat pelembap dengan efek meningkatkan kilau dari highlighter. Formula produk glotions biasanya mengandung bahan-bahan humektan, seperti gliserin dan asam hialuronat yang menarik kelembapan ke dalam kulit.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan/copyright shutterstock

6. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Apa yang kamu makan berdampak pada keadaan kulit. Mengonsumsi anggur, beri, dan kacang-kacangan yang kaya akan polifenol seperti asam ellagic dan resveratrol akan membantu kulit memerangi radikal bebas dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

7. Tahu kapan harus membuat janji temu dengan dokter kulit

Untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi yang membandel, sebaiknya kamu mengunjungi dokter kulit agar mendapatkan rekomendasi produk terbaik. Sudahkah kamu memiliki kulit sehat bercahaya?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓