Berbagai Benda yang Dapat Menjadi Penyebab Jerawat

Beauty Journal06 Agu 2019, 11:35 WIB
Jerawat

ringkasan

  • Penggunaan roller facial
  • Produk perawatan rambut yang tidak tepat
  • Helm ojek online
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Banyak digunakan oleh para beauty influencer dan hadir dengan bentuk yang juga instagramable, facial roller menajdi salah satu alat kecantikan yang sangat populer. Mungkin, tak sedikit juga dari kamu yang sudah memilikinya di rumah atau sempat berpikir untuk membelinya, kan? Alat kecantikan khas Asia ini diklaim dapat membantu memperlancar peredaran darah dan membuat wajah tampak lebih glowing, namun di sisi lain, facial roller juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah kamu, lho! Yuk, lihat apa saja benda yang tanpa disadari dapat menjadi penyebab jerawat di wajah!

1. Facial roller

Dilansir dari skincare.com, dermatolog Joshua Zeichner menyatakan bahwa facial roller dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat jika alat kecantikan ini tidak dibersihkan secara berkala dengan benar. Tak hanya itu saja, jika menggunakan facial roller pada kulit wajah yang kotor, alat ini justru dapat memerangkap kotoran dan minyak pada pori-pori kulit, sehingga terjadi penyumbatan yang dapat menyebabkan jerawat.

Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan kamu selalu membersihkan segalanya: wajah, tangan, serta facial roller sebelum menggunakan alat ini. Untuk membersihkan facial roller, kamu bisa merendamnya di air sabun hangat, lalu bilas bersih dan lap hingga kering.

Baca juga: 5 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Dapat Menimbulkan Jerawat pada Wajah

Masalah Jerawat

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

2. Produk perawatan rambut

Tak hanya kulit saja, rambut pun membutuhkan perawatan ekstra agar tetap sehat, lembut, dan berkilau. Well, sayangnya beberapa kandungan yang dapat menyumbat pori-pori seperti sulfate, silicone, serta kandungan melembapkan yang 'berat' kerap ditemukan dalam produk perawatan rambut. Jika kamu mengalami masalah jerawat di sekitar garis rambut, leher, atau punggung, besar kemungkinan penyebabnya adalah produk perawatan rambutmu.

Eits, namun bukan berarti kamu lantas perlu membuang produk perawatan rambut tersebut, ya. Untuk menghindari timbulnya jerawat, yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan urutan mandi (keramas terlebih dahulu), lalu bilas sisa keramas sebersih mungkin saat kamu menyabuni tubuh dan mencuci muka. Selain itu, saat kamu mengaplikasikan produk perawatan rambut seperti hair oil, hair tonic, hair spray, atau dry shampoo, berhati-hati agar produk tidak mengenai kulit wajah kamu. Jika terkena, segera bersihkan dengan air.

3. Peralatan olahragamu

Tren hidup sehat yang makin meningkat membuat kelas-kelas olahraga semakin diminati. Mulai dari Pound Fit (Sst, kalau mau ikut Pound Fit bareng Beauty Journal dan Sociolla, cek di sini, ya!), Zumba, hingga Yoga. Walau berolahraga merupakan hal yang baik untuk tubuh sekaligus kulit, bukan tak mungkin kalau peralatan olahraga kamu juga menjadi penyebab jerawat yang tak kamu sadari.

Contohnya, yoga mat atau alas yoga kamu. Setelah diinjak-injak dan dletakkan di jok mobil, apakah kamu sudah rutin mencucinya? Ingat, beberapa gerakan yoga kerap mengharuskan kamu untuk bersujud dan menempelkan wajah di situ, lho. Belum lagi kalau kamu sedang lelah dan tidur-tiduran di yoga mat. Alternatif lainnya, coba alasi area kepala yoga mat dengan handuk bersih sebelum berolahraga. Selain itu, beberapa peralatan lainnya seperti barbel atau stik pound fit juga perlu kamu perhatikan kebersihannya. Tak mesti selalu dicuci, namun paling tidak hindari menyentuh wajah kamu setelah berolahraga karena tangan kamu sudah pasti terpapar bakteri, ya!

Baca juga: Duh! 5 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Menyumbat Pori-Pori Kulit Wajah

Helm dan Gadget

Handphone
Ilustrasi handphone/copyright shutterstock

4. Helm ojek online

Saat kamu mengenderai ojek online atau ojek konvensional, mungkin kamu bisa mengira-ngira betapa banyak pelanggan yang menggunakan helm tersebut sebelum kamu. Tanpa bermaksud menakut-nakuti, bukan tak mungkin kalau pelanggan sebelum kamu memiliki wajah yang kotor, berminyak, atau berkeringat, lho. Suka tidak suka, residu kotoran tersebut dapat menempel pada helm yang dikenakan.

Bagi beberapa dari kamu, situasi ini tentu tak dapat dihindari, namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalkan terjadinya jerawat, kok! Pertama, gunakan masker saat berkendara agar area wajah kamu tertutup dari kotoran. Kedua, jika memang helm tersebut terlihat kotor, jangan ragu untuk menempelkan tisu sebagai pembatas antara wajah kamu dan helm agar tidak bersentuhan langsung. Terakhir, setelah sampai di tujuan, kamu bisa melakukan tahap cleansing simpel dengan face wipes. Lanjutkan dengan penggunaan face spray untuk mengembalikan kelembapan wajah.

5. Gadget

Kalau soal bakteri pada ponsel atau smartphone, tentu kamu sudah pernah mendengarnya. Solusinya pun sederhana, hindari menempelkan wajah pada ponsel, rutin bersihkan ponsel, dan hindari menyentuh wajah setelah main handphone. Namun, tak hanya ponsel saja yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Gadget lainnya seperti earphone pun dapat menjadi penyebab jerawat jika tidak rutin dibersihkan. Pasalnya, kabel earphone kerap bersentuhan dengan kulit wajah saat digunakan. Walau tak bersentuhan langsung, laptop dan komputer kamu pun perlu dibersihkan secara rutin, karena jika tangan kamu menyentuh gadget yang kotor ini lalu tak sengaja menyentuh wajah, bakteri dapat berpindah yang menyebabkan jerawat.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Menjaga Kebersihan Earphone Itu Penting, Lho! Ini Alasan dan Cara Membersihkannya

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓